Sistem kontrol traksi atau Traction Control System (TCS) secara umum merupakan suatu fungsi kedua rem dari metode teknik anti-lock braking system (ABS) pada kendaraan bermotor yang tujuannya untuk mencegah hilangnya traksi  pada roda kendaraan. Kontrol traksi akan mulai aktif ketika sensor input throlttle dan torsi roda menunjukan tidak sama pada kondisi tertentu ditiap permukaan jalan.
Ketika sebuah sistem akan mulai menjalankan satu atau beberapa langkah berikut:
  • Pengereman pada satu atau lebih roda
  • Pengurangan penyalaan pada satu atau lebih silinder
  • Memperlambat pembakaran
  • Penutupan throttle akan dilakukan, jika sistem kendaraan dilengkapi dengan throttle drive by wire
  • Jika mobil anda memiliki turbocharger berarti sitem akan mengendalikan solenoid menjadi dinonaktifkan untuk mengurangi tenaga mesin.

Gambar 1
 

Gambar 2
 

   Ketemu lagi..... Bagaimana sudah baca pengertian TCS di atas tadi dan mengerti maksudnya gambar diatas juga. kalau belum biar saya ceritakan.

Begini ceritanya.... Lihat gambar 1, pada bagian understeer. Kenapa mobil bisa sangat sulit untuk berbelok seperti sesuai keinginan kita, padahal sudah saya putar setir kearah yang benar tetapi kenapa masih sulit berbelok. Jawabannya sederhana saja, keempat roda mobil memiliki kecepatan yang sama saat melaju lurus dan tiba-tiba anda berbelok kearah kanan. Harusnya rodak kanan belakang harus lebih lambat saat berbelok kekanan karena ABS membantu TCS.

   "Kenapa roda kanan belakang pasti lambat? karena langkah roda kiri belakan perlu lebih banyak berputar untuk dapat membelokan mobl kekanan."

   Masih.... Lihat gambar 1, pada bagian oversteer. kenapa mobil justru berbelok berlebihan dan sangat membahayakan. Hal ini disebabkan roda kanan bisa mengalami selip roda atau roda sisi kanan berputar sendiri alias sudah gundul sehingga roda sisi kiri lebih mencekram dan kendaraan harus berbelok kekenan secara berlebih tanpa kendali, bahkan akan membuat mobil bisa beputar kencang 

   "Saat oversteer kekanan? TCS akan berusaha mengerem roda kiri belakang untuk menyelaraskan kemudi" 

Penjelan sistem TCS tadi menggunakan mobil dengan sistem penggerakan roda belakang yang di jepang biasa disebut FR (Front machine Rear wheel drive) dengan mesin didepan, MR (Middle machine Rear wheel drive) dengan mesin ditengah, RR (Rear machine Rear wheel drive) dengan mesin dibelakang atau  lebih dikenal Eropa dengan RWD (Rear Wheel Drive) dengan posisi mesin dianggap dimanapun.