Salam semangat lagi nihhh... sekarang saya ada informasi penting memilih mobil bagi Anda yang bingung untuk membeli jenis mobil yang memiliki penggerak roda tertentu sesuai kebutuhan sobat. Kenapa saya memilih menggunakan versi jepang? agar lebih jelas perbedaan di tiap perbedaan mobil. Kalau menggunakan versi europa kurang spesifik saja. Tentu istilahnya juga berbeda.
Begini ceritanya?
Model Jepang yaitu
FF (Mesin depan penggerak roda depan)
FR, (Mesin didepan penggerak roda belakang)
RR, (Mesin belakang penggerak roda belakang)
MR, (Mesin ditengah penggerak roda belakang)
4WD (Semua roda bergerak dengan mesin)
Model Eropa yaitu
FWD, (Penggerak roda depan)
RWD, (Penggerak roda belakang)
AWD, (Penggerak semua roda)
dengan tidak melihat posisi mesin dimana. Lalu apa yang dimaksud dengan istilah-istilah tadi? Berikut ini penjelasannnya;
1. FF atau FWD
Memiliki arti kata Front machine (mesin depan) dan mobil bergerak dengan Front wheel drive (roda depan).
- Kelebihannya:
Mobil mudah di kendalikan saat menikung dengan kecepatan tinggi
Kabin penumpang datar
Mobil cenderung kecil dan rendah dengan tanah.
Jalan datar lebih nyaman dan irit
Ringan dan sempit
-kelemahan:
Turun gunung kanvas rem dan ban depan lebih cepat haus karena beban bertumpu pada poros roda depan.
Sulit untuk bermain drifting
Lambat dan tidak kuat angkut beban berat saat tanjakan
Kerumitan saat terjadi kerusakan transmisi (sempit dengan Gardan)
Sering terjadi understeer (sulit berbelok) saat roda depan aus
2. FR atau RWD
Memiliki arti kata Front machine (mesin depan) dan mobil bergerak dengan Rear wheel drive (roda belakang).
-Kelebihannya:
Kuat angkat beban berat dan tanjakan, seperti sering digunakan untuk model truck
Kabin tidak rata ditengah
Performance mobil lebih baik
Mobil cenderung besar dan tinggi dengan tanah
Jalan datar nyaman dan tidak rata tetap masih nyaman
Mudah bermain drifting dengan Limited Slip Differential
Mudah dalam perawatan transmisi
-kelemahan:
Kemudi menjadi ringan (berbelok) karena roda belakang habis singga bisa beputar-putar saat berbelok
Mahal saat terjadi kerusakan gardan tengah penggerak roda belakang (ukuran gardan panjang)
Kabin tidak rata lantai
3. RR atau RWD
Memiliki maksud letak mesin berada dibelakang dan mobil bergerak dengan roda belakang.
-Kelebihannya:
Kabin rata ditengah.
Mobil cenderung besar.
Jalan datar nyaman dan tidak rata tetap masih nyaman.
Sulit bermain drifting
Mudah dalam perawatan transmisi
Model sedikit futuristik
-kelemahan:
Roda belakang cepat aus
Tidak bisa kencang model lama
Mesin cepat panas (Tidak Kebagian aliran udara dari depan)
Bagasi barang didepan
4. MR atau RWD
Memiliki arti kata Rear machine (mesin tengah) dan mobil bergerak dengan Rear wheel drive (roda belakang).
-Kelebihannya:
Keseimbangan berat
Mobil cenderung kecil dan panjang.
Jalan datar nyaman dan tidak rata tetap masih nyaman.
Mudah bermain drifting
Mudah dalam perawatan transmisi
Performance mobil lebih untuk tipe supercar
Aerodinamis
-kelemahan:
Hanya satu baris pintu.
Mesin cepat panas (Tidak Kebagian aliran udara dari depan)
Kabin sempit
Ukuran pintu besar untuk tipe supercar
5. 4WD atau AWD
Memiliki arti kata 4 roda berputar berjalan bersama dengan posisi mesin kecenderungan didepan.
-Kelebihannya:
Keseimbangan berat
Kabin rata ditengah.
Mobil cenderung besar, panjang dan tinggi dengan tanah
Jalan datar nyaman dan tidak rata nyaman.
Sulit bermain drifting
Mudah dalam perawatan transmisi
Offroad penggunungan
-kelemahan:
Mobil berat dan boros.
Perawatan roda dan sistem penggerak mahal
Terdapat Pajak Tambahan 2 gardan
Tidak aerodinamis