Sejarahnya? Marketing mix dalam bahasa indonesia memiliki kata "bauran pemasaran" adalah teori yang dikembangkan oleh (Kotler & Keller, 2006) dalam buku terbitannya dimaksudkan perusahaan wajib untuk mengejar target penjualan yang ingin dicapai (diinginkan). jika ingin lebih tua lagi silahkan baca buku (The Management of Marketing Costs).

Jika teori marketing mix diterapkan dalam perdagangan sehari-hari harus lebih mudah dan harusnya menguntungkan. Dibawah ini urutan tahapan berdagang yang baik di markeplace (ambil contoh tokopedia)

Product (Barang)
Siapkan barang baik 1 dan buruk 1 untuk bisa menjual sesuai keinginan pembeli. Sangat disarankan untuk tidak menjual barang kejar  diskon dalam jumlah banyak untuk mendapatkan harga murah.
Kenapa tidak disarankan? 1 anda hanya akan fokus pada barang itu saja sedangkan permintaan beragam, kadang ada yang minta kualitas lebih bagus. 2 modal yang dimiliki hanya akan tertahan di satu barang saja. 3 Dalam produk diskon terdapat 2 diantara 10 barang pasti ada yang cacat produk.

Price (Harga)
Berilah harga kompetitif dengan baik sesuai kondisi barangnya. Sisihkan barang cacat tadi untuk dijadikan posisi diskon sedangkan barang baik anda jual tersendiri karena kualitasnya lebih baik. Sampaikan informasi kepada pembeli dengan cara baik tentang masalah itu. jangan anda sembunyikan atau nanti malah dia menjastifikasi toko anda menjual barang rusak.
Pembeli sekarang sukanya murah? tidak semua seperti itu, pembeli yang mencari murah bukanlah "pembeli raja" cukup anda buktikan fisik barang jika mau murah silahkan beli barang ini tapi bukan itu.
Bagaimana bisa berjualan jika kalah harga? Pastikan kondisi barang pesaing anda memiliki kualitas sama. jika sama, tapi membuat anda jual tidak balik modal salah satu saran abaikan saja pesaing kemungkinan sedang butuh atau kalah grosir jangan ikut terbawa suasana. jika tidak, kemungkinan pesaing meminta harga sama dengan barang anda tetapi pesaing menjual barang dibawah anda untuk bisa tetap untung disebut downgrade. saran terbaik saya, buktikan barang anda lebih baik kepada pembeli. Berusaha curang bisa dikatakan menggali kehancuran bisnis anda sendiri.
Penjual bisa ganti akun dengan nama lain? untuk perilaku bisnis seperti ini tidak untuk ditiru, sebab tipe penjual dengan niatan tidak baik cenderung jual murah dan selalu menyampaikan yang tidak ada. Sebagai contoh barang yang anda miliki mempunya kualitas buruk dengan mudahnya anda menyampaikan lebih baik dari punya A.
Kapan bisnis anda akan dikenal banyak orang!!!
"Surga neraka hari ini"

Place (Tempat)
Jual di marketplace tidak perlu tempat seperti toko offline. Anda cukup gunakan tempat dimana saja asalkan tidak mengganggu tetangga saja.

Promotion (Promosi)
Untuk promosi saran terbaik saya bukan anda memberi harga murah tapi tingkatkan kualitas barang anda. Jika masih ada untung lebih silahkan hadiahkan sesuatu yang tidak membuat rugi sendiri. Jangan kalah harga karena harga murah yang dibeli bukan pelanggan anda. Jika anda hanya sekedar ikut arus berjualan murah anda hanya akan lelah sendiri. Pelanggan murah cenderung tidak mengerti barang dan kebanyakan hanya mendapat kekecewaan dari barang murah pasti tidak ada yang berfungsi

People (Sumber Daya Manusia)
Gunakan lah admin bila order penjualan dan pelayanan melebihi kemampuan anda.

Process (Proses)
Proses secepat mungkin bila itu masih bisa dikerjakan jangan menunda-nunda. jika waktu tidak mencukupi sehingga membutuhkan waktu lebih lama silahkan sampaikan kepada pembeli seperti apa kesulitan anda.

Physical Evidence (Bukti Fisik Perusahaan)
Buktikan kepada pembeli anda bahwa anda punya toko fisik untuk membuat pelanggan percaya bahwa anda niat menjual, berani menghadapi masalah dan memberi solusi bukan sekedar murah tapi tidak bermanfaat sesuai kebutuhan.