Didalam RAM terdapat fungsi sirkuit multiplexing dan demultiplexing untuk menghubungkan jalur data ke penyimpanan yang ingin dibaca atau ditulis.

kinerja RAM adalah membantu CPU membaca dan menulis algoritma berdasarkan alamat tujuan bit rate (saat ini mencapai 128 bit < lebih) sehingga berguna sekali membantu mengingat jumlah data yang di simpannya didalam data penyimpanan untuk langsung digunakan untuk memproses program.

serta juga untuk menyimpaan data agar langsung dapat digunakan saat pertama kali dihidupkan sehingga tidak perlu melalui proses panjang mencari data dari awal yang tersimpat pada memory penyimpanan data saat perangkat mati tanpa daya.

"Ilustrasi: RAM  berdasarkan system tujuan awal."

Sedangkan kinerja sirkuit multiplexing (pemilih data) dan demultiplexing (data tunggal) digunakan untuk memilih sel memori mana yang akan digunakan datanya

skema (multiplexing)

skema (demultiplexing)

Kesimpulan: RAM bertujuan membantu memilih alamat tujuan data agar tidak hilang di awal dan selalu terseda saat ingin diproses. jika ingin membuka aplikasi cepat tegantung dari cpu anda dalam membaca data yang besar tersimpan di memory harddisk atau saat ini disebut dengan ROM. Jangan lupa bahwa smua kecepatan tiap dari unit berbeda antar CPU, RAM dan Harddisk/ROM yang menyebabkan terjadi lag saat membuka aplikasi.