Akuntansi manajerial (manajerial accounting) adalah penyedia informasi akuntansi bagi pengguna internal di perusahaan. Akuntansi manajerial adalah sistem akuntansi internal perusahaan dan dirancang untuk mendukung kebutuhan manajer akan informasi. Berbeda dengan akuntansi keuangan, akuntansi manajerial tidak terikat oleh kriteria formal. Ada tiga tujuan akuntansi manajerial yang luas:
Meyediakan informasi untuk perencanaan kegiatan organisasi.
Meyediakan informasi untuk Pengendalian kegiatan organisasi
Meyediakan informasi untuk Pengambilan keputusan yang efektif

Kebutuhan informasi manajer dan pengguna lainya

1 Perencanaan
Formula aksi yang terperinci untuk mencapai tujuan tertentu adalah aktivitas manajemen yang di sebut perencanaan (planning). Perencanaan memerlukan penetapan sasaran dan pengidentifikasian metode-metode untuk mencapai sasaran tersebut.

2 Pengendalian
Perencanaan hanyalah setengah dari pertempuran. Setelah suatu rencana dibuat, rencana tersebut harus diterapkan dan penerapannya harus di awasi oleh manajer dan pekerja memastikan bahwa rencana tersebut berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Aktivitas manajerial untuk mengawasi implementasi rencana dan melakukan perbaikan yang diperlukan disebut dengan pengendalian (controlling). Pengendalian biasanya dicapai dengan memperbandingkan kinerja yang sebenarnya dengan kinerja yang diharapkan. Informasi ini dapat digunakan untuk mengevaluasi atau memperbaiki langkah-langkah yang diambil  dalam mengimplementasikan suatu rencana. Berdasarkan umpan balik, seorang manajer (atau pekerja) dapat memutuskan untuk membiarkan pelaksanaan tersebut berlangsung, mengambil tindakan perbaikan tertentu agar langkah yang diambil sesuai dengan rencana awalnya, atau melakukan beberapa perancanaan ulang.  

3 Pengambilan keputusan
Prosese pemilihan di antara berbagai alternative yang bersaing disebut pengambilan keputusan (decision making). Fungsi manajerial ini berkaitan erat dengan perencanaan dan pengendalian sehingga manajer tidak dapat membuat rencana dan mengendalikan kegiatan organisasi dengan baik tanpa mengambil keputusan terhadap alternative-alternatif tersebut.

Akuntansi manajerial dan akuntansi keuangan

1 Akuntansi keuangan
Fokus utama akuntansi keuangan (financial accounting) adalah untuk menghasilkan informasi (laporan keuangan) bagi pengguna eksternal, yaitu investor, kreditur, pelanggan, pemasok, badan pemerintah (food and drag administration, federal communication commission, dll), dan serikat pekerja. Informasi yang dihasilkan akuntansi keuangan memiliki orientasi historis dan digunakan sebagai keputusan investasi, mengevaluasi pertanggungjawaban, aktivitas pengawasan, dan ketentuan peraturan laporan keuangan harus sesuai dengan berbagai aturan dan konvensi yang didefinisikan oleh berbagai badan, seperti securities and exchange commission (SEC), financial accounting standard board (FASB), dan international accounting standard board (IASB). Aturan-aturan tersebut terkait dengan permsalahan-permasalahan seperti pengakuan pendapatan, waktu pengakuan atas beban, dan mencatat asset, liabilitas, serta ekuitas.

2 Akuntansi manajerial
System akuntansi manajerial menghasilkan informasi bagi para pengguna internal, seperti manajer, eksekutif, dan pekerja. Oleh karena itu, akuntansi manajerial dapat disebut sebagai akuntansi internal (internal accounting), dan akuntansi keuangan disebut sebagai akuntansi eksternal ( eksternal accounting). Secara khusus, akuntansi manajerial mengidentifikasi, mengumpulkan, mengukur, mengklasifikasikan, dan melaporkan informasi keuangan dan non keuangan yang bermanfaat bagi pengguna internal dalam perencanaan, pengendalian, dan pengambilan keputusan.

Perbadingan 
Akuntansi keuangan
Fokusnya eksternal
Hanya mengikuti aturan yang ada
Informasi keuangan bersifat obyektif
Orientasi historis
Informasi tentang perusahaan secara keseluruhan
Lebih mandiri
Akuntansi manajerial
Fokusnya internal
Tidak ada aturan yang mengikat
Informasi keuangan dan non keuangan: bersifat subyektif
Penekanan pada masa depan
Evaluasi dan keputusan internal berdasarkan informasi terperinci
Lebih luas, berbagai disiplin ilmu