Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang cara pasang kode iklan Adsense tanpa parse kode terlebih dahulu seperti yang mungkin selama ini banyak para teman-teman Blogger ketahui.

Seperti yang banyak kita jumpai selama ini saat mencari tutorial di internet tentang cara memasang kode iklan Adsense di blogspot hampir semuanya menyuruh kita untuk melakukan parse kode iklan terlebih dahulu.

Sebenarnya hal tersebut juga tidak menjadi masalah sampai saat ini, tetapi menurut saya kurang efisien karena setiap memasang iklan Adsense di Edit HTML blog kita harus melakukan parse atau convert terlebih dahulu.

Memang kalau kode iklan Adsense ini langsung kita pasang di Edit HTML tanpa kita parse pasti waktu kita save akan muncul pesan error. Tetapi hal tersebut bisa kita atasi dengan langkah yang cukup mudah dan tentunya sangat efektif jika dibandingkan dengan cara parse terlebih dahulu.

Pemasangan dengan cara terbaru tanpa parse ini juga terbilang lebih aman dan mampu meminimalizir size loading blog jika kita bandingkan dengan cara lama memakai metode parse.

Cara ini sebenarnya telah saya bahas pada artikel saya sebelumnya tentang kode asinkron Adsense guna mempercepat loading blog. Kalau Anda ingin tahu lebih jauh tentang kode asinkron ini silahkan baca artikelnya di blog ini.

2 Tahap cara memasang iklan Adsense tanpa parse
Cara memasang kode Adsense tanpa parse ini cukup mudah, silahkan Anda ikuti panduannya berikut ini :

Tahap 1
Silahkan copy salah satu unit iklan Adsense Anda ke Notepad atau Notepad++ agar lebih mudah, misalnya kode seperti dibawah ini :

<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
<!-- KODE IKLANKU -->
<ins class="adsbygoogle"
     style="display:block"
     data-ad-client="ca-pub-0000000000000000"
     data-ad-slot="1234567890"
     data-ad-format="auto"></ins>
<script>
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
</script>

Kemudian ambil kode seperti di bawah ini :

<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>

Lalu tambahkan  ='' setelah tulisan <script async, sehingga menjadi seperti dibawah ini :

<script async='' src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>

Selanjutnya letakkan di bagian <head> tepat di bawah ]]></b:skin>. Kemudian klik Save.
Kalau terjadi error pada saat Anda save, coba letakkan kode tersebut di atas kode </body> atau &lt;!--</body>--&gt;&lt;/body&gt;

Tahap 2
Kemudian sisa kode Adsense yang telah kita ambil kode async-nya seperti di bawah ini :

<!-- KODE IKLANKU -->
<ins class="adsbygoogle"
     style="display:block"
     data-ad-client="ca-pub-0000000000000000"
     data-ad-slot="1234567890"
     data-ad-format="auto"></ins>
<script>
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
</script>

Letakkan kode iklan Adsense Anda pada posisi yang diinginkan bisa melalui widget atau lewat Edit HTML. untuk dipasang di dalam postingan blog.

Catatan :
  1. Sebenarnya yang menyebabkan kode Adsense tidak bisa langsung diterapkan pada HTML blogger karena adanya kode async tersebut.
  2. Menempatkan kode pada Tahap 1 cukup dilakukan sekali saja, selanjutnya setiap memasang iklan Google Adsense cukup dengan memakai Tahap 2 saja.
Demikian panduan cara memasang kode iklan Adsense tanpa parse kode yang dapat saya bagikan untuk Anda, semoga bermanfaat.