Custom channel atau sering disebut saluran khusus adsense. Fungsi dari saluran khusus ini adalah untuk lebih memaksimalkan pendapatan adsense. Kenapa demikian? Dengan membuat custom channel (saluran khusus), iklan yang kita pasang akan lebih tertarget, karena dalam saluran khusus tersebut kita hanya mengisi kategori iklan yang sesuai dengan kehendak kita, biasanya di sesuaikan dengan niche blog kita masing masing. Misalnya kategori kesehatan, bisnis online, wisata, hiburan dan sebagainya.

Fungsi Saluran Khusus (Custom Channel) Google Adsense - Adsense menyediakan fasilitas yang disebut dengan saluran khusus atau custom chanel, saluran khusus bisa meningkatkan nilai CPC jika penggunaanynnya tepat, sebenarnya untuk meningkatkan nilai CPC google adsense ada beberapa cara yang bisa kita lakukan dari mulai memilih iklan yang baik, lokasi peletakan iklan yang strategis, target visitor yang bersumber mesin pencari google dan masih banyak lagi, namun satu hal yang punya peranan untuk mempengaruhi nilai CPC yang tidak kalah penting, yaitu dengan memantau setiap iklan yang bersangkutan, sehingga kita bisa melakukan banyak eksperimen dan pada akhirnya bisa menentukan jenis unit iklan yang cocok di pasang pada halaman blog yang kita miliki.

Salah satu yang bisa kita gunakan untuk memonitor setiap unit iklan adalah penggunaan fasilitas saluran khusus pada google adsense. saluran khusus bisa kita anggap sebagai pengelompokan unit-unit iklan yang terpasang di blog atau situs sehingga segala informasi setiap iklan tersebut bisa kita monitor satu-persatu,  kenapa harus menggunakan saluran khusus, karena jika tidak menggunakan saluran khusus, setiap iklan yang kita pasang tidak akan dapat kita ketahui mana iklan yang memiliki kinerja terbaik, mana iklan yang memiliki jumlah klik tertinggi atau mana iklan yang memiliki nilai CPC tertinggi, karena pada umumnya google adsense hanya melaporkan jumlah klik dan nilai klik klik rata-rata untuk seluruh iklan, sehingga kita tidak mengetahui mana dari iklan yang kita pasang yang mendapatkan kinerja terbaik, keculi iklan yang anda pasang hanya satu iklan saja, oleh karena itu, untuk mengatasi masalah tersebut kita bisa menggunakan fasilitas saluran khusus.

Memahami Fungsi Saluran Khusus Dalam Google Adsense

berikut beberapa fungsi saluran khusus untuk iklan adsense:

1. Saluran Khusus dapat memonitor kinerja setiap unit iklan

Salah satu fungsi penting saluruhan khusus adalah untuk mengelompokan dan sekaligus memudahkan memonitor kinerja setiap iklan, misal iklan yang kita pasang didalam halaman blog kita sejumlah 3 unit iklan sebagai berikut:
 a. Iklan ukuran 300x250 diatas artikel
 b. Iklan dengan ukuran 300x600 diletakan di sidebar kanan tengah
 c. Iklan dengan ukuran 360x250 di letakan di bawah akhir postingan

Jika ketiga iklan diatas kita pasang tanpa saluran khusus kita akan kesulitan, untuk mengetahi mana dari ketiga iklan diatas yang memiliki kinerja yang paling baik, penyebabnya karena informasi yang di laporkan adsense adalah untuk rata-rata keseluruhan iklan, tidak terperinci satu-satu, oleh karena itu agar kita bisa memonitor kinerja setiap iklan diatas, kita harus membuat saluran khusus, untuk setiap iklan tersebut, nama saluran khusus bisa kita tentukan sesuai dengan keinginan kita

Misalkan saja, saya akan membuat 3 saluran khusus untuk iklan diatas, saluran khusus untuk iklan a saya kasih nama "Iklan Diatas Artikel", kemudian saluran khusus untuk iklan b, saya kasih nama "Iklan Sidebar Kanan" dan untuk saluran khusus iklan c, saya kasih nama "Iklan Dibawah artikel", setiap saluran khusus paling tidak minimal harus memiliki 1 unit iklan, dan setiap saluran khusus yang kita buat mereferensi ke unit iklan tertentu tergantung pengelompokan yang kita buat, dari saluran khusus yang kita buar diatas, misalkan ketika kita mengigninkan informasi kinerja Iklan yang diletakan Di sidebar kanan, kita pilih saja saluran khusus dengan nama "Iklan Sidebar kanan", kemudian lihat informasi kinerjanya, maka kita akan dengan mudah mengetahui informasinya, begitu juga untuk iklan-iklan yang lainnya yang sudah dibuatkan saluran khususnya. oleh karena itu saluran khusus sangat efektif sekali untuk memonitor kinerja setiap iklan.

2. Dapat menawarkan kepada pengiklan sebagai lokasi penempatan iklan yang ditarget

Fungsi yang kedua adalah dengan menggunakan saluran khusus maka melalui bantuan google adsense, saluran khsusus yang kita buat bisa di informasikan dan tapilkan kepada si pemasang iklan atau advertiser, sehingga ketika pengiklan tertarik dengan data iklan pada saluran khusus yang kita buat baik itu jenis iklan, warna iklan, letak iklan dan atribut iklan lainnya, akan mencoba untuk memasang iklannya pada saluran khusus yang kita buat tersebut melalui google adword. dengan demikian keuntungan yang akan kita dapatkan adalah nilai CPC untuk iklan tersebut relative akan tinggi, semakin banyak para pengiklan tertarik dengan saluran khusus yang kita buat, maka tingkat persaingan diantara advertiser akan semakin besar, seperti halnya sebuah sistem lelang, hanya nilai tawaran CPC tertinggi saja yang akan memperoleh saluran khusus tersebut. efeknya nilai CPC untuk iklan yang muncul pada saluran khusus tersebut akan semakin baik.

Saluran khusus ini nantinya akan di lihat oleh pihak pengiklan (advertiser) untuk lebih fokus dengan jenis iklan yang dia iklankan, sehingga akan terjadi penawaran. Jika pihak pengiklan merasa cocok dengan saluran khusus yang kita buat, dia akan berani membayar lebih tinggi untuk CPC nya.

Nah ini adalah keuntungan bagi kita sebagai penayang iklan, karena otomatis nilai iklan kita akan menjadi lebih tinggi. Itulah fungsi sebenarnya membuat saluran khusus adsense, nilai CPC iklan akan lebih optimal. Dengan begitu pendapatan adsense kita akan lebih meningkat.

Fungsi lain dari saluran khusus adalah kita bisa memantau kinerja iklan dari masing masing saluran. Karena terdapat laporan tersendiri dari setiap saluran khusus. Dengan begitu kita akan mengetahui jenis iklan yang kinerjanya kurang memuaskan, dan kita bisa mengganti agar lebih maksimal.

Cara membuat saluran khusus

Untuk membuat saluran khusus adsense ini lebih universal, ganti dashboard adsense anda dengan menggunakan bahasa inggris.

Di halaman pertama dashboard, pilih my Ads. Pada menu disamping pilih custom channel.


Kemudian pilih New custom channel, maka akan muncul halaman baru yang berisi tab untuk mengisi kelengkapan chanel baru tersebut, bisa di tunjukkan melalui gambar di bawah ini.


Keterangan gambar

Pada bagian ini isilah dengan kategori yang akan di buat, pada bagian ini akan dilihat oleh pihak pengiklan (Advertiser) Jadi buatlah nama yang singkat dan padat, sesuai dengan kategori yang di ajukan. Contoh punya saya adalah Blog And Adsense.
Pada kolom ini adalah daftar iklan yang kita buat di dashboard unit iklan. Pilih add untuk memasukkan kedalam daftar.
Daftar unit iklan yang kita tawarkan ke pihak pengiklan.
Beri tanda centang pada bagian ini.
Ini adalah Iklan yang akan di munculkan berdasarkan kategori yang kita pilih, contoh dalam blog saya adalah iklan di artikel blog dan artikel adsense. (gunakan bahasa inggris)
Pilih Multiple locations jika space iklan yang diberikan lebih dari satu.
Kolom deskripsi untuk menambahkan secara spesifik tentang blog yang anda tulis.
Pada site language, pilih indonesia. Jika blog anda berbahasa indonesia.
Setelah selesai, simpan untuk mengubah pengaturan.
Pada tahap ini anda sudah selesai membuat saluran khusus iklan adsense, kita bisa lihat beberapa saat untuk mengetahui status dari saluran khusus tersebut. Jika terlihat tulisan aktif (pada gambar pertama) maka anda sudah berhasil.

Penutup

Pihak pengiklan atau advertiser akan memilih dan menempatkan iklan yang sudah dia bayar untuk di tayangkan kepada blog yang benar benar sesuai dengan kategori iklannya. Dengan kata lain, pihak pengiklan ingin iklannya benar benar tertarget, dan di lihat oleh pengunjung sesuai dengan kategori blog yang sedang di baca.

Pihak pengiklan akan merasa di untungkan, karena iklannya di lihat oleh orang (pengunjung) yang tepat, begitu juga pihak penayang iklan (publisher) akan merasa di untungkan juga, karena nilai iklan tertarget akan lebih tinggi nilai CPC nya dari pada iklan yang tidak di targetkan melalui saluran khusus. Semoga bermanfaat.