Hill start assist control adalah untuk memulai jalan dari posisi berhenti pada saat berada di tanjakan. Fitur ini sangat berupaya membantu mencegah mobil bergerak mundur pada saat perpindahan transmisi saat posisi mobil diam tidak bergerak ditanjakan, dan saat akan melakukan posisi  perpindahan kaki dari injak pedal rem ke tuas pedal gas. Dalam penerapan dilapangan saat praktik mengemudi sistem rem akan diaktifkan sesaat secara otomatis setelah tuas rem tidak diinjak sampai pedal gas sudah ditekan.

Hill Assist Control umumnya bisa dikatakan sebagai fitur penahan mobil di tanjakan/ fitur anti mundur ini di jalan menanjak. Memiliki fitur ini mobil akan mendetaksi jika melewati jalan tanjakan dan sensor HAC akan berusaha mendetksi arah putaran roda meskipun sangat pelan sampai hampir diam dan tidak bergerak, jika mobil tidak kuat menanjak (mundur) atau roda berputar mundur/ pengemudi bisa melepaskan injakan rem saat di tanjakan maka mobil akan otomatis mengerem agar tidak lagi mundur dan jika sudah menginjak gas lagi secara otomatis sistem akan melepaskan rem tersebut secara selaras dengan injakan gas.

Berapa lama kerja Hill Start Control akan mengerem/ menahan mobil untuk tidak segera mundur di tanjakan? Umumnya rata-rata pengguna fitur ini bisa menahan mobil selama 5 detik setelah rem dilepaskan/ setelah mobil tertahan (tidak mundur), akan tetapi jika rem diinjak lagi pada detik ke 4 misalnya HAC akan menghitung dari ulang mereset kisaran 4 detik sebelumnya. Jadi rentang waktu yang diberikan sebanyak 5 detik ini mampu dipersiapkan dengan baik bagi pengendara saat berada jalan menanjak.