Strategi Pemasaran Bisnis Melalui Internet Marketing – Sekarang ini internet telah menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi manusia, khususnya masyarakat urban di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Jumlah pengguna internet yang terus meningkat setiap tahunnya menjadi potensi yang sangat menjanjikan bagi mereka yang mau memanfaatkannya.
Bagi para pelaku bisnis, internet adalah salah satu solusi untuk meningkatkan performa bisnis mereka. Lihat saja, sekarang ini hampir semua bisnis offline telah membuat website dan membuat akun media sosial untuk bisnis mereka. Kemajuan dalam dunia teknologi internet ternyata membawa manfaat besar bagi pebisnis, yaitu memanfaatkannya dalam strategi pemasaran bisnis.
Dengan internet kita bisa menjangkau lebih banyak orang, sehingga pemasaran melalui internet marketing merupakan salah satu cara untuk memperluas jangkauan pasar. Pengguna internet saat ini sudah masuk ke daerah-daerah kota kecil dan melalui pemasaran internet maka kita bisa mempromosikan produk yang dijual langsung ke end user tanpa perantara.
Apa Saja Pemasaran Bisnis Melalui Internet Marketing?
Bila disebutkan semuanya, tentu saja kegiatan internet marketing itu sangat banyak. Namun, ada beberapa proses pemasaran online yang paling sering dilakukan dan sudah terbukti efektif bagi para pebisnis.
Berikut ini adalah beberapa strategi pemasaran bisnis melalui internet marketing yang dapat Anda coba:
1. Membuat Website/ Blog Khusus untuk Bisnis
Poin ini adalah satu hal yang sangat krusial bila kita ingin bertahan di tengah persaingan bisnis di jaman digital seperti sekarang ini. Kita tidak bicara tentang bisnis yang dibangun untuk setahun atau dua tahun, tapi kita bicara tentang bisnis yang bisa bertahan selama yang Anda inginkan.
Jika Anda memperhatikan, sekarang ini banyak usaha offline yang sudah membuat website/ blog khusus untuk memasarkan produk mereka melalui internet. Selain sebagai media pemasaran, website/ blog juga bisa menjadi salah satu cara untuk membangun brand bisnis mereka.
Dan untungnya, membuat website itu tidak semahal menyewa ruko untuk tempat usaha. Bahkan ada beberapa platform gratis yang bisa dimanfaatkan.
2. Pemasaran Bisnis dengan Email Marketing
Email marketing adalah salah satu cara pemasaran online yang sudah cukup ‘jadul’ tapi masih tetap efektif hingga saat ini, setidaknya sampai saat artikel ini dibuat. Konsumen atau calon konsumen yang suka rela memberikan alamat email mereka ke bisnis Anda adalah calon konsumen yang sangat potensial.
Ibarat dalam dunia percintaan, subscriber email Anda adalah cinta yang tertunda. Hari ini dia tidak belanja, tapi kalau dia suka rela berlangganan email dari Anda berarti dia ada ‘rasa’, dan bisa dipastikan suatu saat dia akan belanja juga.
Dengan sistem email blast yang terencana, kita bisa mengirimkan email yang berisi penawaran secara berkala kepada konsumen ataupun calon konsumen. Dan kemungkinan besar orang yang belum pernah membeli produk yang Anda tawarkan pada suatu saat akan membeli produk di bisnis Anda, ini hanya masalah waktu saja.
Oh ya, untuk menggunakan strategi pemasaran dengan email marketing, maka kita harus menyewa layanan email marketing dan auto responder.
3. Pemasaran Melalui Media Sosial
Hari gini siapa sih yang tidak pernah bermain-main di media sosial? Bahkan menurut beberapa penelitian, penggunaan media sosial mendapat porsi yang sangat besar di internet saat ini.
Beberapa media sosial terbaik untuk pemasaran bisnis diantaranya adalah:
Facebook
Twitter
Instagram
YouTube
Tantangan dalam melakukan pemasaran melalui media sosial ini adalah ketika membangun konten. Masing-masing media sosial berbeda perlakuannya dalam penyajian konten, dan dibutuhkan pengetahuan dan skill yang cukup baik dalam mengelola akun media sosial untuk bisnis.
4. Pemasaran Melalui Jaringan Periklanan
Walaupun cukup banyak jenis pemasaran online yang bisa dilakukan dengan gratis, namun beriklan di jaringan periklanan tetap memiliki kelebihan tersendiri yang tidak dimiliki oleh pemasaran gratis. Salah satu kelebihan beriklan adalah trafik potensial ke website bisnis kita bisa didapatkan dengan lebih cepat.
Beberapa jaringan periklanan yang cukup banyak digunakan saat ini adalah:
- Google Adwords
- Facebook Ads
- YouTube Ads
- Twitter Ads
- Instagram Ads
Masing-masing jaringan periklanan tersebut memiliki kelebihan tersendiri. Misalnya Google Adwords, beriklan di jaringan periklanan milik Google ini sangat cocok untuk produk yang memberikan solusi terhadap masalah seseorang. Biasanya orang mencari informasi melalui Google, dan ketika orang tersebut mengetikkan sebuah kata kunci maka hasil pencarian akan disertai dengan iklan. Jadi, beriklan di Google Adwords memang sangat efektif bila kita ingin langsung jualan karena langsung ada calon pembelinya.
Berbeda jika kita beriklan di Facebook (Facebook Ads). Beriklan di media sosial ini ibarat kita jualan door to door, orang tidak sedang ingin membeli sesuatu di Facebook tapi iklan kita terlihat di sana. Memang kemungkinan akan ada pembeli, tapi tidak seefektif Google Adwords. Namun, Facebook Ads memiliki kelebihan tersendiri, yaitu kemungkinan viralnya iklan Anda bila dikemas dengan unik sehingga akan mendapat kunjungan lebih banyak dari yang diharapkan.
5. Pemasaran Melalui Konten Marketing
Sebenarnya poin #5 ini masih sangat berhubungan dengan poin #1, tapi lebih spesifik kita melakukan pemasaran melalui berbagai konten yang kita posting di blog bisnis. Semakin banyak konten berkualitas yang kita posting melalui blog bisnis kita, maka peluang untuk mendapatkan trafik dari search engine juga akan semakin besar.
Kita tahu bahwa sekarang ini orang Indonesia lebih suka mencari informasi melalui Google (Googling), mereka inilah calon konsumen bisnis Anda. Dengan menerapkan optimasi (Search Engine Optimisation aka SEO) pada setiap konten yang kita bangun, maka dapat dipastikan bahwa trafik potensial ke situs bisnis Anda akan terus bertambah.
Nah, di atas tadi adalah ulasan singkat mengenai strategi pemasaran bisnis melalui internet marketing yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan penjualan ataupun branding. Internet sudah memberikan banyak kemudahan dalam hal pemasaran, tinggal bagaimana kita memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya.