Spoiler atas (upper spoiler kit) singkatnya orang menyebutnya spoiler. Posisinya berada dibelakang dibagian atas. Memang spoiler ini mirip dengan wing, namun lebih simple dan berbentuk lebih landai langsung melekat pada body. Sebenarnya manfaat utama spoiler berkaitan pada body kit bawah untuk mengurangi gejala melayang saat mobil melaju (Fungsi Aerodinamika). Spoiler kini bisa dipakai untuk apa saja dan bisa dikombinasikan pada mobil apa saja membikin penampilan mobil standar jadi lebih menawan.

Terkadang ada bagian-bagian mobil yang tidak kita ketahui persis apa manfaatnya, selain manfaat spoiler untuk mempercantik tampilan. Salah satunya adalah spoiler. Apakah sebenarnya fungsi bagian ini? 

  1. Spoiler sebetulnya dirancang untuk menciptakan gaya ke bawah atau downforce sehingga mengurangi daya angkat (lift) yang timbul karena kecepatan tinggi.
  2. Spoiler juga berguna untuk meningkatkan handling atau sistem pengendalian mobil. Handling meningkat karena spoiler meningkatkan efek aerodinamis sebuah kendaraan. 

Pada mobil balap, ada bagian lain yang fungsinya mirip spoiler. Part ini dinamakan wing. Ada beberapa perbedaan antara wing dan spoiler, di antaranya adalah peruntukan mobilnya. Ukuran wing pun lebih besar dibanding spoiler. 

Wing (sayap)
Kalau model wing tidak cocok digunakan untuk mobil harian, ini lebih cocok dipakai mobil balap karena wing penempatannya di buritan paling belakang fungsinya meningkatkan traksi ban.
Wing atau sayap diyakini dapat memberikan kontrol lebih baik, sebab aliran angin yang menerpa pada mobil dapat dibelokan dengan penekanan dibagian buritan (Downforce) hal tersebut dapat memberikan mobil dapat melaju dengan mulus dan tidak melayang walaupun dengan kecepatan tinggi disaat menikung tajam. Seperti diketahui wing ini beda dengan spoiler, dia bagaikan sayap ekor pesawat yang terpasang oleh tiang kuat penyangga, umumnya berbahan karbon dan besar.

Untuk pertandingan balap mobil, pemakaian wing bukan untuk asesoris supaya terlihat manis, tapi memang memberikan kestabilan mobil balap tersebut. Sehingga penggunaan wing dengan bahan karbon lah yang dipercaya lebih kuat dan juga ringan disamping itu tidak mudah patah. Beda dengan yang memakai fiber dapat mudah patah dan pecah, bila menggunakan bahan besi memang tidak akan patah tapi sangat berat dan lagi beban mobil jadi berat serta menghambat laju mobil tersebut. Tapi saat ini wing yang sering dipakai tidak hanya digunakan balap saja, sebagian orang juga ada yang mengunakannya sebagai tambahan asesoris dan modifikasi (itu semua hanya untuk kebutuhan fashion saja).

Meski demikian, saat ini sudah banyak juga mobil-mobil biasa yang menggunakan wing seperti mobil balap. Meski membuat tampilan mobil semakin gaya, tetapi nyatanya ini tidaklah tepat, dan hanya memperberat kinerja mesin saja.