1. Manajemen Strategi

  • The art and science of formulating, implementing and evaluating cross functional decisions that enable an organization to achieve its objective (David, 2003)
  • Upaya memadukan manajemen, pemasaran, keuangan/akuntansi, produksi/operasi penelitian dan pengembangan serta sistem informasi manajemen dg memperhatikan kondisi  lingkungan dan tekanan strategis untuk mencapai keberhasilan organisasi (Thompson & Strickland, 2001)

Pengambilan keputusan strategis mencakup :
  • Pengamatan lingkungan intern guna menemukan kekuatan dan kelemahan
  • Pengamatan lingkungan ekstern guna menemukan peluang dan hambatan
  • Perumusan strategi
  • Implementasi strategi
  • Evaluasi dan pengendalian
2. Arti Penting Manajemen Strategi
  • Proses manajemen strategi sangat ditentukan oleh kemampuan perusahaan dlm menemukan SWOT yang memunculkan strategi-strategi baru guna keberlangsungan hidup perusahaan (Hunger & Whellen, 1996; Thompson & Strickland, 2001)
  • Tujuan strategi yg dikehendaki dan strategi yg dipertimbangkan dpt tercapai pada kondisi “strategi yg terealisasi” berkat perumusan dan penerapan rencana secara seksama.
Daftar Pertanyaan memulai Manajemen Strategi
Pertanyaan
Keterangan
Menentukan Misi
Apa tujuan keberadaan kita
Menemukan Tujuan
Apa yg akan kita capai
Perumusan Strategi
Bagaimana bersaing dan mencapai sasaran
Menemukan kebijakan
Aturan apa yg harus diikuti agar dpt mengerjakan kegiatan dg baik
Membuat Anggaran
Bagaimana mengelola operasi perusahaan secara efisien
Menyiapkan Anggaran
Berapa banyak dana diperlukan dan dari mana dana tersebut diperoleh
Menemukan Procedure
Seberaca  rinci kita harus menjelaskan tugas-tugas yg akan dikerjakan
Mengukur Kinerja
Faktor apa penentu kesuksesan dan bagaimana mengukur



Faktor Pendorong Penerapan Menstra
  • Demand of Strategic Manager’s Time
  • Decision Making Speed
  • Problem of Internal and Politic
  • Environmental Urcertainty

3.PERUMUSAN STRATEGIS
  • Pengembangan Pernyataan Visi dan Misi
  • Mendifinisikan Kompetensi Inti
  • kemampuan yg dikembangkan meliputi daerah kunci operasional (mutu, layanan, inovasi, team, fleksibilitas, cepat tanggap).
  • Menilai SWOT
Kekuatan (Strenght)
Faktor internal positif yg berperan thd kapabilitas perusahaan untukmencapai misi, cita-cita dan tujuan.
Keterampilan spesifik, pengetahuan unik, dan sumber daya khusus
Kelemahan (Weakness)
Faktor negatif yg menghambat
Kelemahan anda dlam hal keterampilam, pengetahuan dan sumber daya
Peluang (Oppurtunity)
Opsi eksternal positif yg dpt dimanfaatkan untuk mencapai cita-cita dan tujuan
Ancaman (Threat)
Kekuatan ekstern negatif yg menghambat utk mencapai cita-cita dan tujuan.
  • Key Success Factor dan Analisa Persaingan
merupakan hubungan variabel terkendali (ukuran pabrik, jml pemasaran, biaya promosi, kemasan produk) dengan tingkat persaingan, regulasi dan profitabilitas industri.

Tujuan Intelejen Kompetitif :
  • Menghindari kejutan yg berasal dari strategi dan taktik baru pesaing
  • Mengidentifikasi pesaing baru yg potensial dan ancaman yg mungkin diakibatkan
  • Memperbaiki waktu reaksi terhadap tindakan pesaing
  • Menyiasati pesaing pada medan strategis kunci dengan mengetahui apa yg diperbuat dan tetap satu langkah di depan
4. IMPLEMENTASI STRATEGIS
  • Strategi Generic :
  • Cost Leadership
  • Differentiation
  • Focus
Strategi Integrasi
  • Integrasi kedepan (pemasok)
  • Integrasi ke belakang (distributor)
  • Integrasi horisontal (memperluas produk & jasa)
Strategi Intensif
  • Penetrasi pasar (pangsa pasar)
  • Pengembangan pasar ( geografis)
  • Pengembangan produk (memperluas : modifikasi produk)
5. EVALUASI DAN PENGENDALIAN
Entrepreneur hrs melakukan koreksi thd kebijakan, strategi dan tujuan unutk mengembalikan kinerja ke jalur yg benar. Ukuran Kinerja :
  • Kinerja Kualitatif (tingkat penjualan, profitabilitas, return of investmen, keuangan, dll)
  • Kinerja Kuantitatif (kelenturan procedure, behaviour, learning process)
The Five Forces of Competition Model