Penderitaan adalah suatu kondisi dan keadaan yang tidak menyenangkan, yang meliputi :

  • Aspek jasmani
  • Aspek rohani

Kedua aspek ini tidak dapat dipisahkan dan akan selalu berhubungan selama manusia hidup …

Penggambaran Tentang Hubungan Penderitaan Jasmani dan Rohani
Seorang  gadis cantik,putri tunggal seorang  yang kaya raya mendapat  kecelakaan waktu ngebut dengan mobil barunya, shg kakinya patah, tubuhnya menderita luka2 berat  dan begitu pula dgn mukanya. Akibatnya, ia hrs kehilangan kaki kanannya karena diamputasi, tubuhnya penuh jahitan, demikan jg dgn mukanya yg merupakan kebanggaan dirinya dan keluarganya. Setelah memperoleh kecelakaan dan selama berbulan2 di rumah sakit, penderitaan jasmani sangat dirasakannya. Setiap hari erangan kesakitan selalu terdengar dan beberapa lama rintihannya tak kujung padam karena sarafnya ada yg terganggu. Lebih jauh dari itu, setelah ia sadar apa yg selama ini dibanggakannya telah lenyap, akhirnya ia menderita tekanan batin . Ia merasa tdk cantik lagi. Selain itu kr kawan2nya yg sebelumnya akrab makin menjauh,ia makin terpencil dari pergaulan. Sementara itu, selain dirinya keluarganya jg ikut menderita batin, kr anak kesayangan dan kebanggaan yg diharapkan sebagai generasi penerus dalam keluarga telah hilang. Terlebih setelah calon besan-pun tampak semakin menjauh dan mengarah untuk memutuskan hubungan dengan anak gadisnya, harta yang cukup tidak mampu menyelamatkan mereka ……oh sungguh kasihan nasib mereka ….. Penderitaan dan kesenangan di ciptakan oleh Tuhan, shg diharapkan manusia akan selalu ingat dan bertaqwa ke Tuhan YME. Karena susah, sedih dan gembira, kita harus selalu ingat pada Tuhan YME

Siksaan = segala sesuatu yg menyebabkan kondisi jiwa ( rohani ) dan Fisik menderita, adapun wujudnya meliputi :
  • Kebimbangan
  • Kesepian
  • Ketakutan 
Kebimbangan
  • Suatu keadaan dan kondisi dimana seseorang kesulitan dalam menentukan pilihan ( misalnya pada saat seseorang menentukan pilihan untuk pergi atau tidak, karena semua pilihan sama baiknya, shg bimbang dalam menentukan pilihannya )
  • Bagi orang yg kuat pikirannya, ia akan cepat mengambil keputusan shg kebimbangannya dpt cepat teratasi ( cara berpikir orang seperti ini disebutkan bahwa orang tsb selalu berpikir positive thinking )
  • Sebaiknya orang yg selalu bimbang memiliki cara berpikir lambat, shg dinilai orang lain sebagai orang yg kurang memiliki kepribadian kuat.
  • Kecepatan mengambil keputusan untuk mengakhiri kebimbangan dapat dilatih dan dibiasakan …..
Kesepian adalah suatu kondisi kejiwaan seseorang dimana jiwa seseorang merasa sepi walaupun dia berada dalam suasana dan tempat yg ramai

Si A baru saja putus hubungan cintanya dengan si B. Pd suatu waktu , si A memperoleh undangan dari seorang teman untuk ikut serta merayakan pesta ulangtahun. Dlm pesta tersebut suasana ramai, musik tdk berhenti mengalun, namun si A tetap merasa dirinya dlm kesepian. Andai si A blm putus dengan si B tentunya mereka akan datang bersama2 ke pesta dan dpt merasakan ramainya suasana pesta tsb

  • Kesepian seseorang hrs segera diatasi shg tdk terus-menerus merasakan tekanan batin. Sebagai mahluk sosial maka seseorang butuh kawan utk menghilangkan rasa kesepian,yaitu dgn mencari kawan yg bisa diajak utk berkomunikasi. Pada umumnya orang yg dpt dijadikan “kawan duka” adalah orang yg dpt mengerti dan menghayati kesepian yg dialami oleh sahabatnya.
  • Selain mencari teman yg bisa digunakan utk “sharing” dapat juga mencari kesibukan shg rasa kesepian dapat teratasi .
Ketakutan adalah suatu kondisi dan keadaan yg menyebabkan jiwa dan rohani merasa takut akan sesuatu hal, ketakutan meliputi
  • Claustrophobia adalah ketakutan yg timbul apabila seseorang berada dlm ruangan tertutup.
  • Agoraphobia adalah ketakutan yg timbul apabila seseorang berada di tempat terbuka, karena dirinya merasa kecil, jika dibandingkan dengan lingkungannya yg lebih besar.
  • Actophobia ( gamang ) adalah ketakutan yg timbul bila seseorang berada ditempat yg tinggi, shg seseorang akan merasa takut ketika melewati jembatan yg tinggi dan sempit atau seseorang yg takut memanjat pohon.
  • Kegelapan adalah ketakutan dalam diri seseorang yg takut jika berada ditempat yg gelap.
  • Kesakitan adalah ketakutan yg disebabkan oleh rasa sakit yg dialami seseorang ( takut disuntik, krn telah membayangkan rasa sakit yg dialaminya jika sampai disuntik )
  • Kegagalan adalah ketakutan dari seseorang krn merasa bahwa apa yg akan dijalankannya tidak berhasil. Misalnya seorang yg pernah patah hati, tidak mudah lagi untuk bercinta kembali karena takut dalam percintaan berikutnya akan kembali gagal .