• Pandangan Hidup = “bagaimana cara manusia memandang kehidupan atau bagaimana manusia memiliki konsepsi tentang kehidupan”
  • Pandangan hidup biasanya berbeda-beda antara pandangan hidup manusia yg satu dengan yg lainnya sehingga menimbulkan aliran atau paham.
  • Misalnya : paham kehidupan yg lebih mengutamakan diri sendiri biasanya menimbulkan aliran Kapitalisme dan manusia yg mengutamakan kepentingan umum atau masyarakat akan menimbulkan aliran  Sosialisme.

Manusia Ekonomi ( Aliran Kapitalisme dan Sosialisme )
  • Manusia ekonomi adalah manusia yg suka bekerja, suka mengumpulkan harta, bersifat agak kikir dan perhitungan…shg menghasilkan dua aliran yaitu aliran kapitalisme dan sosialisme
  • Dalam aliran kapitalisme, biasanya seorang individu akan berusaha sendiri menggunakan modal yg dimilikinya untuk mengembangkan dirinya.
  • Aliran sosialisme merupakan suatu bentuk aliran yg lebih mengutamakan kepentingan orang banyak, seseorang dianggap berhasil jika ia bisa berguna untuk orang banyak.
Cita-Cita
  • Merupakan keinginan, harapan dan tujuan yg selalu ada dalam pikiran manusia.
  • Keinginan,harapan maupun tujuan merupakan orientasi yg ingin diperoleh pada masa mendatang.
  • Cita-cita merupakan garis linier yang makin lama makin tinggi dengan perkataan lain cita-cita merupakan keinginan, harapan, dan tujuan manusia yang makin tinggi tingkatannya
Penggambaran Cita-Cita
  • Bagus adalah seorang anak dan murid yg pandai, rajin dan sering menjadi pembimbing teman-temannya. Dengan kesadaran bahwa sekolah merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kepandaiannya dan kepandaian dapat meningkat kehidupan. Maka Bagus bercita-cita agar dapat memiliki kehidupan yg lebih baik. Ia membandingkan kehidupan Pak Aris tetangganya yang buta huruf dan hanya menjadi petani yg hidupnya pas-pasan saja. Akan suramlah kehidupan Pak Aris apabila tua nanti, karena tenaganya tidak sekuat tenaganya ketika masih muda, padahal pencahariannya sebagai petani memerlukan tenaga yg banyak. Selain itu Bagus kurang senang dengan pandangan hidup Pak Beni yang selalu membanggakan kehidupannya yang lebih jaya di masa sekarang, apalagi masa depan. Menurutnya Pak  Beni hanya bernostalgia pada masa lalunya, tidak realistis terhadap masa sekarang sehingga akan suram pada masa mendatang. Dengan bercermin pada kedua orang tua tersebut, maka Bagus giat belajar demi masa depannya yang lebih baik. Ia bercita-cita menjadi orang yang mempunyai kehidupan yang lebih layak, yang lebih baik daripada yang dialami sekarang….sehingga pada akhirnya …Bagus bisa hidup layak dan bisa menyunting gadis pujannya Novitasari dengan sukses
  • Berdasarkan cerita diatas,berarti antara masa sekarang yg merupakan realiata dengan masa yg akan datang, sebagai ide atau cita-cita terdapat jarak waktu.
Faktor2 Yang Mempengaruhi Tercapainya suatu Cita-Cita
  • Faktor Manusia adalah faktor  yg paling menentukan berhasil atau tidaknya suatu cita2 karena manusia tanpa dilengkapi kemampuan dan kualitas yg baik tdk akan dapat mencapai cita2nya dengan kata lain manusia tipe ini adalah manusia yg senang berkhayal saja.
  • Faktor Kondisi yg mempengaruhi yaitu kondisi yg menguntungkan ( yaitu suatu kondisi yg memperlancar tercapainya suatu cita2) dan kondisi yg menghambat  (yaitu suatu kondisi merintangi tercapainya suatu cita2 ) Contoh : Barrack dan Obama adalah 2 anak pandai dalam satu kelas, keduanya bercita2 menjadi sarjana. Barrack adalah anak orang kaya shg dlm mencapai cita2-nya tdk mengalami hambatan. Bahkan dpt dikatakan bahwa kondisi ekonomi orang tuanya merupakan faktor yg menguntungkan atau memudahkan Barrack mencapai cita2-nya. Sebaliknya Obama, yg orang tuanya tergolong ekonomi lemah menyebabkan ia kurang mampu mencapai cita2-nya. Ekonomi orang tua Obama  yg lemah merupakan hambatan bagi Obama dlm mencapai cita2-nya. Akhirnya Barrack lebih lulus dulu dari Obama.
Faktor Tingginya Cita2
Tingginya cita2 merupakan salah satu hal yg hrs dipegang oleh seorang manusia yg ingin meraih cita2-nya ( pepatah mengatakan gantungkan cita2mu sampai setinggi bintang dilangit)
Contoh : pada mulanya Cinta adalah seorang pedagang kecil, pedagang kaki lima. Ia menyadari bahwa dengan modalnya yang kecil maka ia hrs bersusah payah untuk memperoleh keuntungan yg berarti. Karena itu dengan hematnya disisihkan uang keuntungannya utk memperbesar modalnya. Hal itu berhasil diperolehnya shg dengan  modal yg lebih besar, ia dapat menjadi pedagang menengah. Dengan ketekunannya dilanjutkan kegiatannya dalam dagang dan dengan kejujuran serta kesungguhannya dapatlah ia memperbesar usahanya melalui kredit yg dipercayakan bank kepadanya.dengan pengalaman sebagi bekal,kesungguhan serta kepercayaan yg diberikan relasinya , Cinta berhasil menjadi pedagang besar. Keadaannya berangsur dari pedagang kecil ke pedagang menengah akhirnya menjadi pedagang besar.

Kebajikan 
  • Kebajikan merupakan suatu tindakan atau kegiatan yg bersumber dari kebijakan, yaitu kepandaian atau kemahiran yg berhubungan dengan kepandaian mempergunakan akal budi dalam mencapai tujuan atau memecahkan suatu persoalan sehingga menghasilkan sesuatu yg lebih baik.
  • Sumber Kebijakan, Kebajikan maupun Kebijaksanaan , meliputi :
    • Pertama, bersumber pada suatu Tuhan yg selalu membisikan pada manusia utk selalu berbuat baik dan menghindarkan hal2 yg tdk baik
    • Kedua, suara hati nurani manusia yg berisi ketulusan dan kejujuran
    • Ketiga, suara masyarakat  yg merupakan suara dari sekumpulan manusia dalam suatu lingkungan, khususnya suara masyarakat rendah yg miskin yang selalu menuntut sesuatu yang sangat diperlukan dalam kehidupannya.