Hasil akhir dari proses akuntansi yang dapat digunakan sebagai alat komunikasi antara data keuangan atau dengan fihak-fihak lain yang berkepentingan dengan data atau aktivitas perusahaan tersebut.
FUNGSI LK
Sebagai alat komunikasi dengan fihak interen perusahaan (menejemen) dan fihak eksteren perusahaan, al: pemegang saham, kreditur, investor, supplier, pemerintah
SIFAT LK
LK merupakan data yang diperoleh dari hasil kombinasi :
a. RECORDED FACT
b. ACCOUNTING CONVENTION AND POSTULATE
c. PERSONAL JUDGEMENT ACCOUNTANT
KWALITAS LK
a. Relevan dan mencerminkan keadaan perusahaan yang sebenarnya
b. Jelas dan mudah dimengerti
c. Dapat diuji kebenarannya
d. Dapat diperbandingkan, Lengkap dan Netral
KETERBATASAN LK
a. LK merupakan lap antara (Interim Report) bukan Final
b. LK ditunjukan dalam jumlah rupiah yang nampak pasti, tetapi sebenarnya disusun dgn standar nilai yang mungkin berubah-ubah
c. Jika analisis LK dengan data yg besar sebaiknya angka-angkanya disesuaikan dahulu (gunakan INDEKS HARGA)
d. LK hanya mencerminkan sebahagian saja dari kondisi/keadaan perusahaan yang sebenarnya.
PRINSIP DAN KONSEP AKUNTANSI
1. Konsep Kesatuan Usaha (Business Entity)
2. Konsep Kelangsungan Hidup (Going Concern)
3. Konsep Satuan pengukuran (unit measurement)
4. Konsep Harga pokok (Cost)
5. Konsep Realisasi (Realization)
6. Konsep Uang Stabil
7. Konsep Periode Waktu
8. Konsep Objektivitas (Objectivity Evidence)
9. Konsep Keterbukaan (Disclosure)
10. Konsep Konsistensi (Consistency)
11. Konsep Konservatisme
12. Konsep Perbandingan Hasil dan Biaya (Matching revenue and Cost)
KRITERIA AGAR LK DAPAT DIPERCAYA
1. Apakah judul LK sudah ditulis dengan jelas?
2. Bagaimana kredibilitas pimpinan dan auditornya?
3. Apakah LK telah disusun dengan jelas dan dikelompokan dengan jelas dan logis?
4. Apakah LK telah ditandatangani pimpinan perusahaan?
5. Apakah LK tsb sudah diperiksa Akuntan Publik?
6. Apakah ada petunjuk tentang dasar penilaian aktiva serta keterangan-keteranngan lain yang dianggap perlu?