Laporan arus kas adalah suatu laporan tentang aktivitas penerimaan dan pengeluaran kas perusahaan di dalam suatu periode tertentu, beserta penjelasan tentang sumber-sumber penerimaan dan pengeluaran kas tersebut.
KEGUNAAN LAPORAN ARUSKAS
Memberikan informasi kepada pengguna untuk melakukan evaluasi terhadap perubahan pada:
Aktiva bersih perusahaan
Struktur Keuangan Perusahaan
Jumlah dan jenis Aruskas yg terjadi.
Dapat meningkatkan daya banding Laporan Keuangan sebagai akibat perlakuan akuntansi yang berbeda antar perusahaan  

SUMBER  ARUS  KAS
Aktivitas Operasi  
yaitu berbagai aktivitas yang berkaitan dengan upaya perusahaan untuk menghasilkan produk perusahaan sekaligus semua upaya yang terkait dengan upaya menjual produk tersebut.

JUMLAH DARI ARUSKAS OPERASI ADALAH INDIKATOR YANG MENENTUKAN APAKAH DARI HASIL OPERASI PERUSAHAAN DAPAT MENGHASILKAN ARUSKAS YANG CUKUP UNTUK MEMBIAYAI KEBUTUHAN DANA PERUSAHAAN, misal: MELUNASI PINJAMAN. MEMBAYAR DEVIDEN, dll TANPA  MENGANDALKAN PINJAMAN DANA EKSTEREN

Aktivitas  Investasi  
adalah berbagai aktivitas yang terkait dengan pembelian dan penjualan harta perusahaan yang dapat menjadi sumber pendapatan perusahaan.

ARUSKAS INVESTASI MENCERMINKAN PENERIMAAN ATAU PENGELUARAN KAS YANG BERTUJUAN UNTUK MENGHASILKAN  ARUSKAS  ATAU PENDAPATAN DIMASA YANG AKAN DATANG  

Aktivitas  FINANCING/PENDANAAN  
adalah semua aktivitas yang berkaitan dengan upaya untuk mendukung operasi perusahaan dengan menyediakan kebutuhan dana dari berbagai sumbernya beserta konsekwensinya.

ARUSKAS FINANCING BERGUNA UNTUK MEMPREDIKSI TAGIHAN/KLAIM TERHADAP ARUSKAS MASA DEPAN OLEH PARA PEMASOK MODAL PERUSAHAAN

METODE  PENYUSUNAN  LAPORAN ARUS KAS
DATA YANG DIPERLUKAN
Neraca periode berjalan dan periode sebelumnya
Laporan Laba Rugi periode berjalan
Informasi-informasi pendukung lainnya
METODE PENYUSUNAN
Metode langsung
Metode tidak langsung

Metode Langsung 
adalah suatu metode penyusunan laporan arus kas dimana dirinci aliran masuk dan aliran keluar dari aktivitas-aktivitas operasi.

Metode Tidak Langsung 
adalah suatu metode penyusunan laporan arus kas, dimana dibuat rekonsiliasi antara laba yang dilaporkan dengan aliran kas.