Interpersonal Skill
• Kemampuan, kesanggupan, kepandaian atau kemahiran seseorang dalam mengerjakan sesuatu
• Memiliki konsep diri dan berkepribadian
yang kuat
• Meningkatkan potensi diri menjadi pribadi yang mempunyai kompetensi dibidangnya
• Percaya diri dan mengasah kemampuan berkomunikasi
• Berpenampilan menarik dan menyenangkan
• Meningkatkan human relations dalam kehidupan bermasyarakat dan organisasi
• Meningkatkan kemampuan menjadi pemimpin dan dapat bekerjasama dalam team
• Kemampuan, kesanggupan, kepandaian atau kemahiran seseorang dalam mengerjakan sesuatu
• Memiliki konsep diri dan berkepribadian
• yang kuat
• Meningkatkan potensi diri menjadi pribadi yang mempunyai kompetensi dibidangnya
• Percaya diri dan mengasah kemampuan berkomunikasi
• Berpenampilan menarik dan menyenangkan
• Meningkatkan human relations dalam kehidupan bermasyarakat dan organisasi
• Meningkatkan kemampuan menjadi pemimpin dan dapat bekerjasama dalam team
7 Kebiasaan untuk mengembangkan PotensiDiri ( Stephen R. Covey )
1. Jadi proaktif
2. Merujuk pada tujuan akhir
3. Dahulukan yang utama
4. Paradigma saling ketergantungan
5. Berusaha mengerti terlebih dahulu
6. Wujudkan sinergi/kerjasama
7. Asah kemampuan terus - menerus
13 Ketrampilan Soft Skills….
• Ketrampilan berkomunikasi yang efektif
• Inovasi dan kreativitas
• Berpikir analitis
• Fleksibilitas
• Kesiapan untuk berubah
• Memiliki sikap dan nilai-nilai yg benar
• Ketrampilan interpersonnal
• Ketrampilan negosiasi
• Ketrampilan persuasif
• Ketrampilan mengatur waktu
• Kemampuan memecahkan masalah
• Kemampuan beradaptasi
• Kemampuan memimpin dan membangun tim
8 Kompetensi Dasar yang dibutuhkan untuk sukses
• Kemampuan Beradaptasi
• Kemampuan melayani klien
• Komunikasi
• Kemampuan memecahkan masalah dengan kreatif
• Kemampuan untuk bekerja dalam team dan berkolaborasi
• Bisa dipercaya
• Bertanggung jawab
• Dorongan untuk berprestasi
Komunikasi Asertif
• Asertif secara sederhana berarti mampu secara aktif menyatakan gagasan, harapan atau perasaan baik yang positif atau negatif secara langsung dan apa adanya, tanpa menyerang atau merugikan orang lain
• Menghargai hak orang lain untuk menyampaikan gagasan atau pendapat untuk didengarkan dan diperlakukan dengan penuh respek serta untuk berbeda pendapat
Komunikasi Efektif
• Komunikasi secara sederhana dapat diartikan sebagai proses mengirimkan dan menerima pesan
• Keberhasilan sebuah usaha/bisnis juga bergantung pada kemampuan karyawan dan manajer dalam berkomunikasi dengan publik secara efektif
• Komunikasi efektif terjadi jika tercapai pemahaman yang sama, merangsang pihak yang lain melakukan tindakan dan mendorong orang untuk berfikir dengan cara yang baru.
Seni Berkomunikasi Effektif
The art of Looking (memandang)
The art of Smiling (tersenyum)
The art of Listening (mendengar)
The art of Questioning (bertanya)
The art of Answering (menjawab)
The art of Surprising (kejutan positif)
The art of Admitting Mistake (mengakui kesalahan)
The art of Asking Apology (meminta maaf)
The art of Stating Empathy (pernyataan empati)
The art of Closing Conversation (menutup pembicaraan)
7 syarat keberhasilan SUCCESS Dr.Maxwell Maltz
• Sense of direction (kecakapan menetapkan tujuan)
• Understanding (kemampuan memahami dengan memanfaatkan pengalaman atau pengetahuan)
• Courage ( keberanian untuk berbuat sesuatu)
• Charity ( bersikap murah hati /ramah )
• Esteem(mempunyai jati diri/kepribadian )
• Self confidence (mempunyai kepercayaan diri)
• Self acceptence (dapat menerima dan menyadari keadaan dirinya )
• 7 sikap negatif yang dapat menyebabkan kegagalan/Failure Frustration ( putus asa - frustasi )
• Agressiveness ( sikap suka menentang dan menantang/sikap galak )
• Insecurity (sikap cemas/merasa tidak aman)
• Lonelyness (sikap suka menyendiri)
• Uncertainity (gelisah karena ketidakpastian)
• Resenment (sikap suka uring-uringan,marah tanpa alasan yang jelas)
• Emptiness (sikap suka bengong, tidak mampu berpikir dan berbuat apa-apa)
S I K A P adalah segalanya
• Bila Anda melayani publik, Anda mempunyai kemampuan untuk membentuk persepsi publik.
• Kata-kata dan sikap Anda sangatlah ampuh untuk menciptakan persepsi dan opini publik tentang Anda dan perusahaan tempat Anda bekerja. Sehingga persepsi dan opini yang terbentuk seharusnya adalah Persepsi dan Opini yang positif
Sikap Orang Lain Kepada Anda Adalah Cermin Sikap Anda
• You are You
• Sikap Anda adalah penentu segalanya
• Hargai diri Anda dan orang lain
• Percaya pada diri sendiri
• Percaya Anda bisa membuat sesuatu yang berbeda
• Niatkan untuk memberikan dan melakukan yang terbaik dalam segala hal sejak awal
Serve Your Public With CARE
• Communication
Kemampuan menciptakan komunikasi yang informatif dan efektif, sangat menentukan penilaian performance seorang Pelayan Publik
• Attention
Kesediaan memberikan perhatian yang sangat menyentuh namun tidak berlebihan, akan sangat berkesan dalam ingatan Publik
• Relationship
Hubungan bisnis yang hangat dan profesional harus tetap terbina dan terpelihara secara berkesinambungan
• Emotion
Kemampuan membangkitkan kedekatan secara emosional harus terus dikembangkan agar mampu menjadi perekat bisnis yang tidak tergoyahkan
Human Relations
• Komunikasi persuasif yang dilakukan oleh seseorang kepada orang lain secara tatap muka dalam situasi kerja organisasi, di semua bidang kehidupan dengan tujuan untuk menggugah kegairahan, kegiatan bekerja, semangat kerjasama yang produktif dengan perasaan bahagia dan puas hati
• Motivasi adalah kunci aktivitas human relations
• Konseling sebagai teknik human relations
Hal-Hal Yang Dihindarkan Dalam Percakapan
• Memotong pembicaraan orang lain
• Memonopoli pembicaraan
• Membual tentang diri sendiri
• Membicarakan hal-hal yang dapat menimbulkan pertentangan
• Pembicaraan tentang penyakit, kematian dll
• Menanyakan harga barang orang lain
• Menanyakan masalah yang sifatnya pribadi
• Bergosip yang belum tentu kebenarannya
8 Langkah Bicara Yang Efektif
• Rangkai kata-kata dengan baik. Gunakan tutur bahasa yang pantas dan berbasa-basilah seperlunya
• Sesuaikan volume suara saat berbicara
• Perhatikan nada suara, jangan monoton
• Sesuaikan kecepatan dan gaya berbicara
• Perhatikan siapa yang anda ajak bicara, dalam suasana apa dan materinya apa
• Sikap duduk, berdiri, pandangan mata
• Gerak tangan dan tubuh, ekspresi wajah yang tepat
• Bila berbicara di depan umum, lakukan pembicaraan dua arah ( interaktif )
10 Kiat Menjadi Pribadi Yang Disukai
• Royallah dalam memberi pujian
• Buatlah orang lain merasa dirinya sebagai orang penting
• Jadilah pendengar yang baik
• Usahakanlah untuk selalu menyebutkan nama orang dengan benar
• Bersikaplah ramah
• Bermurah hatilah
• Hindari kebiasaan mengkritik, mencela atau menganggap remeh orang lain
• Bersikaplah asertif
• Berbuatlah apa yang anda ingin orang lain berbuat kepada anda
• Cintailah diri sendiri
• Kemampuan, kesanggupan, kepandaian atau kemahiran seseorang dalam mengerjakan sesuatu
• Memiliki konsep diri dan berkepribadian
yang kuat
• Meningkatkan potensi diri menjadi pribadi yang mempunyai kompetensi dibidangnya
• Percaya diri dan mengasah kemampuan berkomunikasi
• Berpenampilan menarik dan menyenangkan
• Meningkatkan human relations dalam kehidupan bermasyarakat dan organisasi
• Meningkatkan kemampuan menjadi pemimpin dan dapat bekerjasama dalam team
• Kemampuan, kesanggupan, kepandaian atau kemahiran seseorang dalam mengerjakan sesuatu
• Memiliki konsep diri dan berkepribadian
• yang kuat
• Meningkatkan potensi diri menjadi pribadi yang mempunyai kompetensi dibidangnya
• Percaya diri dan mengasah kemampuan berkomunikasi
• Berpenampilan menarik dan menyenangkan
• Meningkatkan human relations dalam kehidupan bermasyarakat dan organisasi
• Meningkatkan kemampuan menjadi pemimpin dan dapat bekerjasama dalam team
7 Kebiasaan untuk mengembangkan PotensiDiri ( Stephen R. Covey )
1. Jadi proaktif
2. Merujuk pada tujuan akhir
3. Dahulukan yang utama
4. Paradigma saling ketergantungan
5. Berusaha mengerti terlebih dahulu
6. Wujudkan sinergi/kerjasama
7. Asah kemampuan terus - menerus
13 Ketrampilan Soft Skills….
• Ketrampilan berkomunikasi yang efektif
• Inovasi dan kreativitas
• Berpikir analitis
• Fleksibilitas
• Kesiapan untuk berubah
• Memiliki sikap dan nilai-nilai yg benar
• Ketrampilan interpersonnal
• Ketrampilan negosiasi
• Ketrampilan persuasif
• Ketrampilan mengatur waktu
• Kemampuan memecahkan masalah
• Kemampuan beradaptasi
• Kemampuan memimpin dan membangun tim
8 Kompetensi Dasar yang dibutuhkan untuk sukses
• Kemampuan Beradaptasi
• Kemampuan melayani klien
• Komunikasi
• Kemampuan memecahkan masalah dengan kreatif
• Kemampuan untuk bekerja dalam team dan berkolaborasi
• Bisa dipercaya
• Bertanggung jawab
• Dorongan untuk berprestasi
Komunikasi Asertif
• Asertif secara sederhana berarti mampu secara aktif menyatakan gagasan, harapan atau perasaan baik yang positif atau negatif secara langsung dan apa adanya, tanpa menyerang atau merugikan orang lain
• Menghargai hak orang lain untuk menyampaikan gagasan atau pendapat untuk didengarkan dan diperlakukan dengan penuh respek serta untuk berbeda pendapat
Komunikasi Efektif
• Komunikasi secara sederhana dapat diartikan sebagai proses mengirimkan dan menerima pesan
• Keberhasilan sebuah usaha/bisnis juga bergantung pada kemampuan karyawan dan manajer dalam berkomunikasi dengan publik secara efektif
• Komunikasi efektif terjadi jika tercapai pemahaman yang sama, merangsang pihak yang lain melakukan tindakan dan mendorong orang untuk berfikir dengan cara yang baru.
Seni Berkomunikasi Effektif
The art of Looking (memandang)
The art of Smiling (tersenyum)
The art of Listening (mendengar)
The art of Questioning (bertanya)
The art of Answering (menjawab)
The art of Surprising (kejutan positif)
The art of Admitting Mistake (mengakui kesalahan)
The art of Asking Apology (meminta maaf)
The art of Stating Empathy (pernyataan empati)
The art of Closing Conversation (menutup pembicaraan)
7 syarat keberhasilan SUCCESS Dr.Maxwell Maltz
• Sense of direction (kecakapan menetapkan tujuan)
• Understanding (kemampuan memahami dengan memanfaatkan pengalaman atau pengetahuan)
• Courage ( keberanian untuk berbuat sesuatu)
• Charity ( bersikap murah hati /ramah )
• Esteem(mempunyai jati diri/kepribadian )
• Self confidence (mempunyai kepercayaan diri)
• Self acceptence (dapat menerima dan menyadari keadaan dirinya )
• 7 sikap negatif yang dapat menyebabkan kegagalan/Failure Frustration ( putus asa - frustasi )
• Agressiveness ( sikap suka menentang dan menantang/sikap galak )
• Insecurity (sikap cemas/merasa tidak aman)
• Lonelyness (sikap suka menyendiri)
• Uncertainity (gelisah karena ketidakpastian)
• Resenment (sikap suka uring-uringan,marah tanpa alasan yang jelas)
• Emptiness (sikap suka bengong, tidak mampu berpikir dan berbuat apa-apa)
S I K A P adalah segalanya
• Bila Anda melayani publik, Anda mempunyai kemampuan untuk membentuk persepsi publik.
• Kata-kata dan sikap Anda sangatlah ampuh untuk menciptakan persepsi dan opini publik tentang Anda dan perusahaan tempat Anda bekerja. Sehingga persepsi dan opini yang terbentuk seharusnya adalah Persepsi dan Opini yang positif
Sikap Orang Lain Kepada Anda Adalah Cermin Sikap Anda
• You are You
• Sikap Anda adalah penentu segalanya
• Hargai diri Anda dan orang lain
• Percaya pada diri sendiri
• Percaya Anda bisa membuat sesuatu yang berbeda
• Niatkan untuk memberikan dan melakukan yang terbaik dalam segala hal sejak awal
Serve Your Public With CARE
• Communication
Kemampuan menciptakan komunikasi yang informatif dan efektif, sangat menentukan penilaian performance seorang Pelayan Publik
• Attention
Kesediaan memberikan perhatian yang sangat menyentuh namun tidak berlebihan, akan sangat berkesan dalam ingatan Publik
• Relationship
Hubungan bisnis yang hangat dan profesional harus tetap terbina dan terpelihara secara berkesinambungan
• Emotion
Kemampuan membangkitkan kedekatan secara emosional harus terus dikembangkan agar mampu menjadi perekat bisnis yang tidak tergoyahkan
Human Relations
• Komunikasi persuasif yang dilakukan oleh seseorang kepada orang lain secara tatap muka dalam situasi kerja organisasi, di semua bidang kehidupan dengan tujuan untuk menggugah kegairahan, kegiatan bekerja, semangat kerjasama yang produktif dengan perasaan bahagia dan puas hati
• Motivasi adalah kunci aktivitas human relations
• Konseling sebagai teknik human relations
Hal-Hal Yang Dihindarkan Dalam Percakapan
• Memotong pembicaraan orang lain
• Memonopoli pembicaraan
• Membual tentang diri sendiri
• Membicarakan hal-hal yang dapat menimbulkan pertentangan
• Pembicaraan tentang penyakit, kematian dll
• Menanyakan harga barang orang lain
• Menanyakan masalah yang sifatnya pribadi
• Bergosip yang belum tentu kebenarannya
8 Langkah Bicara Yang Efektif
• Rangkai kata-kata dengan baik. Gunakan tutur bahasa yang pantas dan berbasa-basilah seperlunya
• Sesuaikan volume suara saat berbicara
• Perhatikan nada suara, jangan monoton
• Sesuaikan kecepatan dan gaya berbicara
• Perhatikan siapa yang anda ajak bicara, dalam suasana apa dan materinya apa
• Sikap duduk, berdiri, pandangan mata
• Gerak tangan dan tubuh, ekspresi wajah yang tepat
• Bila berbicara di depan umum, lakukan pembicaraan dua arah ( interaktif )
10 Kiat Menjadi Pribadi Yang Disukai
• Royallah dalam memberi pujian
• Buatlah orang lain merasa dirinya sebagai orang penting
• Jadilah pendengar yang baik
• Usahakanlah untuk selalu menyebutkan nama orang dengan benar
• Bersikaplah ramah
• Bermurah hatilah
• Hindari kebiasaan mengkritik, mencela atau menganggap remeh orang lain
• Bersikaplah asertif
• Berbuatlah apa yang anda ingin orang lain berbuat kepada anda
• Cintailah diri sendiri