Interpersonal Skill
Kemampuan, kesanggupan, kepandaian atau kemahiran seseorang dalam mengerjakan sesuatu
Memiliki konsep diri  dan berkepribadian
     yang kuat
Meningkatkan potensi diri menjadi pribadi yang mempunyai kompetensi dibidangnya
Percaya diri dan mengasah kemampuan berkomunikasi
Berpenampilan menarik dan menyenangkan
Meningkatkan human relations dalam kehidupan bermasyarakat dan organisasi
Meningkatkan kemampuan menjadi pemimpin dan dapat bekerjasama dalam team
Kemampuan, kesanggupan, kepandaian atau kemahiran seseorang dalam mengerjakan sesuatu
Memiliki konsep diri  dan berkepribadian
    yang kuat
Meningkatkan potensi diri menjadi pribadi yang mempunyai kompetensi dibidangnya
Percaya diri dan mengasah kemampuan berkomunikasi
Berpenampilan menarik dan menyenangkan
Meningkatkan human relations dalam kehidupan bermasyarakat dan organisasi
Meningkatkan kemampuan menjadi pemimpin dan dapat bekerjasama dalam team

7 Kebiasaan untuk mengembangkan PotensiDiri ( Stephen R. Covey )
1. Jadi proaktif
2. Merujuk pada tujuan akhir
3. Dahulukan yang utama
4. Paradigma saling ketergantungan
5. Berusaha mengerti terlebih dahulu
6. Wujudkan sinergi/kerjasama
7. Asah kemampuan terus - menerus

13 Ketrampilan Soft Skills….
Ketrampilan berkomunikasi yang efektif
Inovasi dan kreativitas
Berpikir analitis
Fleksibilitas
Kesiapan untuk berubah
Memiliki sikap dan nilai-nilai yg benar
Ketrampilan interpersonnal
Ketrampilan negosiasi
Ketrampilan persuasif
Ketrampilan mengatur waktu
Kemampuan memecahkan masalah
Kemampuan beradaptasi
Kemampuan memimpin dan membangun tim

8 Kompetensi Dasar yang dibutuhkan untuk sukses
Kemampuan Beradaptasi
Kemampuan melayani klien
Komunikasi
Kemampuan memecahkan masalah dengan kreatif
Kemampuan untuk bekerja dalam team dan berkolaborasi
Bisa dipercaya
Bertanggung jawab
Dorongan untuk berprestasi

Komunikasi Asertif
Asertif secara sederhana berarti mampu secara aktif menyatakan gagasan, harapan atau perasaan baik yang positif atau negatif secara langsung dan apa adanya, tanpa menyerang atau merugikan orang lain
Menghargai hak orang lain untuk menyampaikan gagasan atau pendapat untuk didengarkan dan diperlakukan dengan penuh respek serta untuk berbeda pendapat
Komunikasi Efektif
Komunikasi secara sederhana dapat diartikan sebagai proses mengirimkan dan menerima pesan
Keberhasilan sebuah usaha/bisnis juga bergantung pada kemampuan karyawan dan manajer dalam berkomunikasi dengan publik secara efektif
Komunikasi efektif terjadi jika tercapai pemahaman yang sama, merangsang pihak yang lain melakukan tindakan dan mendorong orang untuk berfikir dengan cara yang baru.

Seni Berkomunikasi Effektif
The art of Looking (memandang)
The art of Smiling (tersenyum)
The art of Listening (mendengar)
The art of Questioning (bertanya)
The art of Answering (menjawab)
The art of Surprising (kejutan positif)
The art of Admitting Mistake (mengakui kesalahan)
The art of Asking Apology (meminta maaf)
The art of Stating Empathy (pernyataan empati)
The art of Closing Conversation (menutup pembicaraan)

7 syarat keberhasilan SUCCESS Dr.Maxwell Maltz
Sense of direction (kecakapan menetapkan tujuan)
Understanding (kemampuan memahami dengan memanfaatkan pengalaman atau pengetahuan)
Courage ( keberanian untuk berbuat sesuatu)
Charity ( bersikap murah hati /ramah )
Esteem(mempunyai jati diri/kepribadian )
Self confidence (mempunyai kepercayaan diri)
Self acceptence (dapat menerima dan menyadari keadaan dirinya )

7 sikap negatif yang dapat menyebabkan kegagalan/Failure Frustration ( putus asa - frustasi )
Agressiveness ( sikap suka menentang dan menantang/sikap galak )
Insecurity (sikap cemas/merasa tidak aman)
Lonelyness (sikap suka menyendiri)
Uncertainity (gelisah karena ketidakpastian)
Resenment (sikap suka uring-uringan,marah tanpa alasan yang jelas)
Emptiness (sikap suka bengong, tidak mampu berpikir dan berbuat apa-apa)

S I K A P adalah segalanya
Bila Anda melayani publik, Anda mempunyai kemampuan untuk membentuk persepsi publik.
Kata-kata dan sikap Anda sangatlah ampuh untuk menciptakan persepsi dan opini publik tentang Anda dan perusahaan tempat Anda bekerja. Sehingga persepsi dan opini yang terbentuk seharusnya adalah Persepsi dan Opini yang positif

Sikap Orang Lain Kepada Anda Adalah Cermin Sikap Anda
You are You
Sikap Anda adalah penentu segalanya
Hargai diri Anda dan orang lain
Percaya pada diri sendiri
Percaya Anda bisa membuat sesuatu yang berbeda
Niatkan untuk memberikan dan melakukan yang terbaik dalam segala hal sejak awal

Serve Your Public With CARE
Communication
     Kemampuan menciptakan komunikasi yang informatif dan efektif, sangat menentukan penilaian performance seorang Pelayan Publik
Attention
    Kesediaan memberikan perhatian yang sangat menyentuh namun tidak berlebihan, akan sangat berkesan dalam ingatan Publik
Relationship
     Hubungan bisnis yang hangat dan profesional harus tetap terbina dan terpelihara secara berkesinambungan
Emotion
     Kemampuan membangkitkan kedekatan secara emosional harus terus dikembangkan agar mampu menjadi perekat bisnis yang tidak tergoyahkan

Human Relations
Komunikasi persuasif yang dilakukan oleh seseorang kepada orang lain secara tatap muka dalam situasi kerja organisasi, di semua bidang kehidupan dengan tujuan untuk menggugah kegairahan, kegiatan bekerja, semangat kerjasama yang produktif dengan perasaan bahagia dan puas hati
Motivasi adalah kunci aktivitas human relations
Konseling sebagai teknik human relations

Hal-Hal Yang Dihindarkan Dalam Percakapan
Memotong pembicaraan orang lain
Memonopoli pembicaraan
Membual tentang diri sendiri
Membicarakan hal-hal yang dapat menimbulkan pertentangan
Pembicaraan tentang penyakit, kematian dll
Menanyakan harga barang orang lain
Menanyakan masalah yang sifatnya pribadi
Bergosip yang belum tentu kebenarannya

8 Langkah Bicara Yang Efektif
Rangkai kata-kata dengan baik. Gunakan tutur bahasa yang pantas dan berbasa-basilah seperlunya
Sesuaikan volume suara saat berbicara
Perhatikan nada suara, jangan monoton
Sesuaikan kecepatan dan gaya berbicara
Perhatikan siapa yang anda ajak bicara, dalam suasana apa dan materinya apa
Sikap duduk, berdiri, pandangan mata
Gerak tangan dan tubuh, ekspresi wajah yang tepat
Bila berbicara di depan umum, lakukan pembicaraan dua arah ( interaktif )

10 Kiat Menjadi Pribadi Yang Disukai
Royallah dalam memberi pujian
Buatlah orang lain merasa dirinya sebagai orang penting
Jadilah pendengar yang baik
Usahakanlah untuk selalu menyebutkan nama orang dengan benar
Bersikaplah ramah
Bermurah hatilah
Hindari kebiasaan mengkritik, mencela atau menganggap remeh orang lain
Bersikaplah asertif
Berbuatlah apa yang anda ingin orang lain berbuat kepada anda
Cintailah diri sendiri