CDM merupakan mesin elektronik untuk setor uang realtime atau deposit uang kedalam rekening dengan automatic machine teller.

Pada prakteknya saat setor tunai dengan mesin. Anda bisa menyetorkan uang dalam bentuk pecahan 100.000 dan 50.000 saja.
Mesin mampu menghitung hanya sampai 100 lembar saja persetor. Jadi sebaiknya anda membatasi uang setor dengan jumlah lembar tidak lebih dari seratus lembar.

Demi keamanan uang setor anda. Sebaiknya mencoba mesin terlebih dahulu untuk test kondisi mesin dalam keadaan baik atau tidak. Dengan cara akan melakukan setoran namun tidak anda isi uangnya dulu saat kotak penghitung uang terbuka dan tertutup kembali.

Ketika dirasa fungsi mesin normal. Anda bisa memasukan uang pada mesin penghitung. Disarankan agar mempersiap uang anda untuk disusun yang rapi dan tidak ada yang terlipat. Proses penghitung akan berjalan.

Bila telah selesai menghitung. Mesin penghitung akan mengkonfirmasi uang setoran anda dalam tampilan layar. Berapa pecahan yang anda setorkan beserta nilai keseluruhan setoran.

Dirasa sudah benar dengan jumlah keseluruhan yang anda setorkan. Anda akan dihadapkan pilihan setor atau batal.
Jika anda batal, maka mesin akan membuka kotak penghitung beserta uang yang tadi anda masukan.

Bila terjadi masalah jumlah setoran kurang, tidak terecord, atau uang tertelan mesin. Anda tidak perlu panik dan kawatir atas jumlah uang setoran kurang, tidak terecord, atau uang tertelan. Anda cukup hubungi costomer service provider bank masing-masing via telp / call 24 clock atau datang kekantor cabang terdekat dengan menjelaskan permasalahan setor tunai ke customer service.

Jangan lupa untuk membawa buku tabungan, KTP, record transaksi yang kurang bagi yang tidak terecord tidak perlu kawatir cukup anda jelaskan kronologi kejadian sebenarnya. Jangan lupa di foto copy sendiri saja biar cepat.

Biasanya klaim akan diminta untuk mengisi berita acara yang akan diisikan oleh CS, dan proses akan berlangsung maksimal 14 hari kerja tidak termasuk tanggal libur. Anda akan dihubungi bila sudah selesai.

Karena penulis juga mengalami hal serupa masalah setora setor tunai kurang saat proses penghitungan dan uang terjepit.