Hampir semua bagian dari pohon singkong bisa dimanfaatkan mulai dari umbi hingga daunnya. Umbi singkong biasanya hanya diambil dagingnya untuk digoreng atau direbus, sedangkan kulitnya dibuang begitu saja atau dijadikan makanan untuk hewan ternak. Kulit singkong selama ini memang sering disepelekan dan dianggap sebagai limbah dari tanaman singkong. Padahal, kulit singkong memiliki kandungan karbohidrat tinggi yang dapat dikonsumsi oleh manusia. Presentase jumlah limbah kulit bagian luar sebesar 0,5-2% dari berat total singkong segar dan limbah kulit bagian dalam sebesar 8-15%..
Kulit singkong juga mengandung HCN (Hydrocyanic acid), yaitu senyawa beracun dan memiliki nilai serat kasar tinggi. Hal ini menyebabkan belum bisa dimanfaatkan oleh ternak non ruminansia khususnya unggas sehingga dalam pemberiannya diperlukan pembatasan dalam jumlah tertentu. Pengeringan dengan sinar matahari (Sundrying) merupakan salah satu cara untuk mengurangi kandungan HCN pada kulit singkong.
Sampah kulit singkong termasuk dalam kategori sampah organik karena sampah ini dapat terdegradasi (membusuk/hancur) secara alami. Pengolahan limbah kulit singkong dapat dimanfaatkan sebagai kompos, pakan ternak, bio energi, dan olahan kuliner. Di sini kami akan mencoba mengolah kulit singkong tersebut menjadi makanan ringan. Kami mengolah kulit singkong menjadi keripik yang dapat dikonsumsi. Keripik sangat digemari hampir semua orang untuk menemani hari santainya. Keripik sangat cocok untuk cemilan ketika belajar, nonton TV dan lain sebagainya.
Kami memberi nama produk kami “SSAVA” berasal dari kata kulit cassava atau biasa di sebut kulit singkong. Kata tersebut diperoleh karena kami memanfaatkan kulit singkong menjadi bahan utama produk kami. Kami mengolahnya menjadi cemilan yang enak dan menyehatkan. Kami mengolahnya dengan tahap-tahap sebagai berikut:
Proses produksi :
Proses produksi :
-
Kulit
singkong yang telah dikupas kemudian dibersihkan dan dicuci hingga
bersih.
-
Setelah
dicuci, kulit singkong dimasak hingga berwarna kecokelatan.
-
Kulit
singkong kemudian dicuci kembali, dan direndam dengan air garam dan campuran
penyedap rasa. Merendam kulit singkong biasanya antara dua hingga tiga
hari, dengan air rendaman diganti tiap harinya.
-
Setelah
bumbu meresap, kulit singkong yang direndam kemudian dikeringkan di bawah terik
matahari. Pengeringan ini dimaksudkan untuk menghilangkan kandungan HCN
(Hydrocyanic acid).
-
Butuh dua
hari dalam proses pengeringan, sebelum keripik kulit singkong ini digoreng.
-
Setelah keripik ini digoreng, kami menambahkan
bumbu tabur untuk menambah cita rasa deri keripik itu sendiri.
-
Keripik
kulit singkong yang sudah digoreng, rasanya mirip seperti keripik paru ataupun
keripik ubi singkong .
1.
Analisis Pasar dan Pemasaran
- Analisis
Pasar :
·
Potensi
Pasar
Produk ini memiliki potensi yang lumayan besar
untuk dapat berkembang. Dengan melihat budaya orang Indonesia sendiri yang
konsumtif dan menginginkan variasi makanan. Keripik ini unik dan jarang
dijumpai sehingga banyak orang yang akan tertarik karena keunikannya dan juga
merupakan cemilan sehat.
·
Pangsa
Pasar
Pangsa pasar dari keripik ini sendiri mungkin
akan cukup besar melihat belum banyaknya usaha ini. Walaupun banyak sekali
keripik lain yang mungkin sudah biasa didengar atau dikonsumsi masyarakat,
namun kami optimis bahwa keberadaan keripik ini dapat mencapai pangsa pasar
seperti yang diharapkan.
- Segmenting, Targeting dan Positioning
·
Segmenting
Segmen
pasar yang diincar adalah semua masyarakat dari
berbagai kalangan, di mana keripik singkong dapat dikonsumsi oleh siapapun, tidak terkecuali kalangan
atas.
Lebih jauh lagi, dengan pengemasan yang merstandar tinggi, produk keripik kulit
singkong ini dapat menembus pemasaran di supermarket atau bahkan skala ekspor
ke luar negeri. Dengan kemasan yang dibuat sedemikian rupa hingga dapat
terlihat unik, maka kalangan atas yang biasanya mempertimbangkan gengsi, tidak
akan ragu untuk membeli keripik kulit singkong.
·
Targeting
Target
dari produk olahan keripik singkong adalah mereka yang menginginkan
mengkonsumsi cemilan yang tidak menyebabkan kegemukan.Semua orang yang gemar
mengonsumsi cemilan yang sehat.
·
Positioning : Menjadikan pilihan
cemilan yang sehat
- Analisis Persaingan
Seorang pengusaha harus dapat melihat dan memanfaatkan peluang yang ada sehingga usaha yang dijalankannya tidak
mengalami kegagalan di tengah jalan. Persaingan
dengan perusahaan lain akan dapat diatasi dengan langkah-langkah yang terencana dengan baik dan matang yang di antaranya adalah melakukan diferensiasi dan peningkatan kualitas
produk yang kita buat. Dalam hal
ini proses produksi keripik kulit singkong dilakukan dengan
beberapa tahap dengan
memperhatikan kualitas dari produk yang akan kita produksi. Diferensiasi ini dapat dilakukan dengan cara menciptakan produk
dengan cita rasa yang berbeda dan menggunakan bumbu alami yang tidak mengandung
bahan pengawet.
Di samping menciptakan
diferensiasi produk, ksmi juga menggunakan
tenaga
kerja yang terampil dalam
pembuatan keripik kulit singkong. Mulai dari penyiapan bahan baku, pengirisan, perebusan, perendaman,
pengeringan hingga proses penggorengan. Dalam
produksi bahan makanan sangat perlu diperhatikan cita rasa dan tampilan. Cita rasa yang tinggi
tanpa memperhatikan tampilan,
akan kurang berhasil, begitupun sebaliknya. Packing
atau pengemasan produk yang unik akan memberi nilai jual tersendiri.
Bermunculannya produsen jenis makanan ringan juga akan memberikan
persaingan tersendiri, walaupun dari segmen produksi yang berbeda,
tetapi untuk segmen makanan ringan ini akan sangat memperketat persaingan.
- Strategi Marketing Mix (Bauran Pemasaran)
·
Product
Produk
ini terbuat dari kulit singkong dengan cita rasa unik, dipadu dengan bunbu yang
tidak mengandung pengawet sehingga tetap aman dikonsumsi. Keripik ini tentu
berbeda dengan keripik pada umumnya, mengingat bahan yang digunakan yaitu kulit
singkong.
·
Place
Untuk
pendistribusiannya, kami menjualnya produk secara langsung kepada konsumen atau
dipasarkan melalui tempat-tempat perbelanjaan.
·
Price
Harga
dari produk keripik kulit singkong yang kami tawarkan ini sangat terjangkau
untuk semua kalangan masyarakat.
·
Promotion
Kami
melakukan kegiatan promosi melalui personal selling, direct selling, sales
promotion.