Setelah berfikir sejauh apapun yang sanggup difikirkan tentang dajjal, tetap saja tidak ketemu jawabannya. Mungkin itu rahasia yang hanya diketahui oleh Allah SWT sendiri. Namun ketika saya berfikir tentang dajjal pada cermin dan melamun melihat ke arah kaca pada jarak jauh tanpa melihat ke jarak fokus bayangan wajah, sepintas mata seperti dajjal bermata satu yang mirip manusia.

Apakah yang saya lihat dan fikirkan ini menunjukan bahwa apa yang saya kejar terus kedepan tanpa memperhatikan lingkungan sekitar (Bumi, Manusia, Tuhan) ini menunjukan bahwa hati saya tertupi oleh keinginan (Tahta, Harta, wanita) merupakan hal-hal yang bersifat ciri dajjal sehingga saya berjalan dengan hanya mata satu yang bisa menyesatkan orang lain bila ada yang meniru.

Note:
Ini hanya sebuah pemikiran yang tidak lain bahwa dajjal ada pada hati manusia.