Metode penentuan penggunaan ukuran cakram bisa dilihat dari gaya mengemudi. Mengapa ? Untuk mentukan slip pada pengereman keras. Perhatikan baik-baik metode ini:
1. Cakram kecil.
Kenapa sering cakram kecil dipergunakan pada roda belakang. Jawabannya mudah. Demi meminimalkan terjadinya penguncian putaran roda. Kenapa? Bila roda melawan gaya gerak akan terjadi slip atau tergelincirnya roda belakang.
Tidak disarankan penggunaan cakram kecil pada roda depan. Sederhana saja. Bila hal itu dirapkan maka akan membuat rem cepat panas dan tidak membuat rem berfungsi dengan baik.
2. Cakram besar.
Mengapa Pembalap Moto GP lebih memilih cakram besar pada roda depannya. Alasan logisnya terdapat pada tidak cepat panasnya cakram dan tidak menimbulkan penguapan cepat pada minyak rem. Mengakibatkan rem berfungsi dengan baik pada kecepatan tinggi.
1. Cakram kecil.
Kenapa sering cakram kecil dipergunakan pada roda belakang. Jawabannya mudah. Demi meminimalkan terjadinya penguncian putaran roda. Kenapa? Bila roda melawan gaya gerak akan terjadi slip atau tergelincirnya roda belakang.
Tidak disarankan penggunaan cakram kecil pada roda depan. Sederhana saja. Bila hal itu dirapkan maka akan membuat rem cepat panas dan tidak membuat rem berfungsi dengan baik.
2. Cakram besar.
Mengapa Pembalap Moto GP lebih memilih cakram besar pada roda depannya. Alasan logisnya terdapat pada tidak cepat panasnya cakram dan tidak menimbulkan penguapan cepat pada minyak rem. Mengakibatkan rem berfungsi dengan baik pada kecepatan tinggi.