Anda bingung memilih ban sesuai kondisi medan jalan keseharian anda. Berikut ini akan saya jelaskan jenis-jenis ban kendaraan sesuai fungsinya. berikut penjelannya:

1. Ban aspal kering
Model ban terlihat halus dan tidak bermotif. Apa karakter ban ini. Jenis ban ini sering digunakan untuk jalan aspal halus. Kenapa? ban model ini kebanyakan untuk kompetisi Race Balapan saat cuaca cerah dan panas. Jarang dipakai untuk kondisi harian. Kenapa? karena tidak aman saat kondisi jalan basah seperti di indonesia yang memiliki tingkat curah hujan yang tinggi. Jika anda memaksakan berjalan pada kondisi jalan di anjurkan untuk pelan saat berjalan mngendarai kendaraan bermotor.

2. Ban aspal basah
Ban ini memiliki motif terlihat jelas dan cantik. Apa karakter ban ini. Jenis ban ini sering digunakan untuk jalan asapal yang basar dan tergenang air. Kenapa? ban model ini kebanyakan untuk kompetisi Race Balapan saat cuaca hujan deras dan sering digunakan untuk kendaraan masyarakat umum pada aktivitas keseharian berkendara yang di anggap paling aman untuk produk konsumen, dikarenakan jarang ada konsumen yang mengganti ban seperti saat kompetisi Race balap.

3. Ban tanah berlumpur

Ban jenis ini memiliki motif menonjol besar dan berjarak renggang. Apa kelebihan ban ini. Keistimewaan ban ini ialah untuk jalan tanah berlumpur, Kenapa bisa? lihat motifnya, tujuannya untuk mengeruk jalan agar kendaraan bisa berjalan meski dalam kondisi tidak normal dan tidak tegelincir saat dikendarai di keadaan jalan tidak normal. Bahaya ban jenis ini bila digunakan dijalan aspal ialah saat Anda berkendaraan dengan posisi berbelok, Kenapa? karena ban ini memiliki motif yang renggang dan menonjol bisa pecah. 

4. Ban tanah berpasir

Ban jenis ini sering digunakan untuk jalan berpasir seperti dipantai dan sering digunakan untuk balapan Moto Cross. Bisa digunakan untuk keseharian yang dekat dengan pantai.

5.Ban Tanah normal

Ban model ini paling sering digunakan pada model kendaraan keluaran tahun 1970 di indonesia. Bisa digunakan juga dijalan beraspal dan basah. Namun dengan catatan tidak untuk kecepatan tinggi saja.